"Apa itu Line Extension?"
Jika anda adalah seorang pengusaha, pasti anda sering mendengar kata-kata seperti "line extension" sebagai salah satu strategi bisnis yang dapat digunakan agar tidak kalah dengan kompetitor. Apa itu line extension dan bagaimana menerapkannya?
Line extention merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara menggunakan satu merek yang sama untuk memproduksi produk baru dari jenis/kategori yang sama. Produk baru ini mungkin sedikit berbeda dari apa yang sudah ditawarkan perusahaan, seperti rasa, warna, bentuk, bahan, atau ukuran kemasan. Perusahaan menggunakan nilai produk yang sudah ada untuk memasarkan dan memperkenalkan pilihan baru kepada konsumen. Tujuan dari line extension ini adalah untuk memuaskan segmen pelanggan yang lebih baik di pasar.
Perlu anda ketahui bahwa ada 2 jenis line extension :
1. Horizontal extension, mempertahankan harga dan kualitas produk yang sama tetapi mengubah faktor seperti warna atau menambahkan bahan untuk membedakan produk.
Contoh : Sabun Lux mengeluarkan varian baru White Impress untuk menarik perhatian segmen baru yang menginginkan kulit yang lebih cerah.
2.Vertical extension, peningkatan atau penurunan kualitas dan harga produk untuk menciptakan kualitas yang lebih rendah atau produk mewah.
Contoh : Honda mengeluarkan tipe mobil Honda Civic Type R dengan kualitas dan fitur yang lebih lengkap serta harga yang lebih tinggi dari tipe mobil Honda Civic sebelumnya. Ini akan membuka segmen pasar baru bagi peminat otomatif yang menyukai mobil mewah.
Civic Type R : Rp. 1.060.000.000
Civic Hatchback : Rp. 512.000.000
"Mengapa strategi line extension sangat penting?"