Lihat ke Halaman Asli

Pesta Rakyat Mahasiswa KKN-TI IPB: Bangun Sinergi, Eratkan Silaturahmi

Diperbarui: 27 Juli 2023   00:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kamis (20/7/23), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi IPB mengadakan perlombaan yang diikuti oleh anak-anak dari tingkat Paud-SMP antar dusun di Desa Trajumas, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah sebagai upaya untuk meningkatkan kekompakan dan silaturahmi antar dusun.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Inovasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pesta rakyat dengan tujuan untuk mempererat kekompakan dan silaturahmi antar dusun. Acara ini dipenuhi oleh berbagai lomba menarik yang dirancang khusus untuk menggugah kreativitas dan semangat kompetisi anak-anak.

Berbagai lomba yang diadakan dalam pesta rakyat ini dikategorikan berdasarkan tingkatan usia anak-anak. Untuk tingkat Paud, lomba mewarnai menjadi sorotan utama. Melalui aktivitas yang menyenangkan ini, anak-anak mulai mengekspresikan imajinasi dan kreativitas mereka dengan penuh antusiasme.

Dokumen Pribadi

Bagi siswa SD kelas 1 hingga 6, disiapkan sejumlah lomba menarik seperti lomba Adzan, Makan Kerupuk, Estafet Air, dan Memasukkan Paku dalam Botol. Sementara itu, kelas 4 hingga 6 antusias mengikuti lomba Voli Air, Balap Karung, dan Gobak Sodor, yang memicu semangat juang dan kebersamaan di antara peserta. 

Lomba kategori khusus SD-SMP, yakni Fashion Show Muslimah, menghadirkan keragaman budaya dan adat istiadat dalam bentuk busana Islami. Lomba ini menjadi momen bagi anak-anak untuk menampilkan bakat mereka di atas panggung dengan percaya diri.

Dokumen Pribadi

Tidak ketinggalan, tingkatan SMP mempertunjukkan semangat olahraga dalam lomba Sepak Bola. Aksi-aksi luar biasa dari para pemain muda ini mencuri perhatian dan mendapat dukungan penuh dari penonton. Anak-anak terlihat sangat antusias dan bergembira ketika mengikuti perlombaan di pesta rakyat ini. Acara yang diselenggarakan dengan penuh keceriaan dan semangat kebersamaan ini berhasil memupuk rasa persatuan dan gotong-royong di antara peserta dan warga dusun.

Dokumen Pribadi

Kegiatan pesta rakyat ditutup dengan adanya malam penganugerahan atau awarding night untuk peserta pemenang lomba serta penamplan tari kreasi dari anak-anak Desa Trajumas yang diselenggarakan di balai desa dan dihadiri oleh warga desa. Pesta rakyat ini tidak hanya memberikan kesenangan semata, tetapi juga menjadi momen berharga bagi mahasiswa KKN IPB untuk belajar tentang kehidupan bermasyarakat secara langsung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline