Lihat ke Halaman Asli

Apakah Frame Rate per-Second Penting dalam Gaming?

Diperbarui: 1 Februari 2017   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: i1os.com

Kali ini gue ingin coba memberikan opini gue tentang Framerate Per Second (FPS). FPS dalam penjelasan awam gue adalah jumlah gambar / frame yang muncul dalam 1 detik, misalnya sering kalian dengar 30 FPS itu artinya ada 30 gambar / frame yang muncul atau disusun dalam 1 detik. Untuk yang hobi ngegame sih udah gak asing dengan istilah FPS ini.

Alasan gue buat tulisan ini adalah banyak gamers mengorbankan FPS demi mendapat settingan grafik yang paling tinggi, menurut gue sih grafik itu nomor dua yang penting FPSnya stabil diatas 30 selama bermain. Emang segitu pentingnya ya FPS dalam gaming? Pasti dong, khususnya dalam game-game yang dipertandingkan secara E-sport seperti DOTA 2 ataupun CS:GO.

Jika, FPS tidak sampai 30 ketika bermain game seperti DOTA 2 / CS:GO maka video yang muncul di monitor kalian itu seperti lompat-lompat atau lag. Gampangnya seperti kalian nonton film dan dipercepat x8 maka gambarnya kan seperti lompat-lompat gitu kan. Tapi itu kan jika FPSnya sudah kecil banget. Jika masih 10-20 FPS paling gerakannya aja yang lambat.

Nah, untuk E-sport minimalnya dapat 30 FPS selama pertandingan berlangsung. Misal di game DOTA 2 di awal permainan mungkin PC kalian bisa dapat hingga 35 FPS tapi di tengah permainan bisa saja FPS kalian drop 10-15 poin. Karena terjadinya saling serang dan cast skill ke 10 pemain secara bersamaan, menyebabkan FPS bisa drop.

Jika kalian ingin merasakan pengalaman bermain game E-Sport dengan FPS stabil diatas 30 selama bermain, boleh coba baca Spesifikasi PC Gaming Kelas E-Sport.

Spesifikasi PC yang ada di blog gue itu termasuk budget minim, karena harganya 6 jutaan saja tapi kualitas yang didapat bisa jauh dibanding harganya. Tapi untuk bermain game berat sekelas Fallout 4 pun masih bisa, tapi settingan grafik mungkin hanya dapat di Medium di resolusi 1920x1080 atau Full HD. Untuk game yang termasuk E-sport bisa setting High di resolusi Full HD juga.

Itu saja opini yang gue ingin tulis tentang seberapa pentingkah FPS dalam bermain game, khususnya game yang dipertandingkan. Jika kalian suka dengan artikel ini share ke FB / Twitter kalian, karena sharing is caring. Thank you guys..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline