Lihat ke Halaman Asli

Felix S Nunang

pembelajar yang berefleksi pada kekurangan diri

Zaman Semakin Canggih, Kejahatan Semakin Edan

Diperbarui: 26 Juni 2024   07:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshoot Pribadi

JUAL BELI MOBIL BEKAS

Disruption technology membawa kemajuan dan juga kehancuran. Peluang dan ancaman sama besarnya ibarat dua sisi mata uang, tak terpisahkan.

Kejahatanpun makin canggih karena mudahnya orang mengakses informasi.

Saya bagikan pengalaman ini, agar siapapun bisa menghindari modus-modus penipuan yang semakin canggih. Mengedepankan intuisi untuk menganalisa penting untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang makin beragam modusnya.

Setelah berhasil mengiklankan mobil saya di salah satu platform jual beli, begitu banyak tawaran yang masuk. Senang tentunya, sebelum radar kecurigaan mulai memainkan peran.

Mengapa curiga?

Pertama, foto profil WA yang digunakan senada. Foto anak keci

Kedua, harga yang mereka tawarkan sangat bagus, hanya berbeda 2-5 juta dari harga yang ditawarkan. Sebagai penjual tentu senang dengan tawaran tersebut, setelah banyaknya tawaran yang membuat emosi jiwa-(mereka ini mestinya pembeli sungguhan). Untung, saya menyadari ada keanehan.  Berbekal kecurigaan, saya mulai berburu informasi. Tulisan berikut  menjelaskan modus penipuan yang menjawab kecurigaan saya, https://www.olx.co.id/news/waspada-penipu-mobil-bekas-modus-segitiga-begini-cara-mengetahuinya/

Berikut modusnya :

Setelah memperkenalkan diri, mereka akan meminta foto kendaraan dan surat-surat, menggali informasi, apakah pemakaian pribadi atau usaha, berapa kilometer jarak tempuh di odometer, alamat, kondisi dan lain sebagainya. Selanjutnya, mereka akan mengatakan bahwa suka dengan kendaraan yang dijual, tidak masalah dengan harga yang ditawarkan walaupun belum melihatnya secara langsung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline