Lihat ke Halaman Asli

Felisia GustiPangestu

Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

Sosialisasi Kenakalan Remaja di SMP 2 Tirtayasa

Diperbarui: 24 Agustus 2023   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Felisia

Sosialisasi ini dilaksanakan di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Saya Perwakilan Mahasiswi KKN kelompok 1 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus di Serang. Sosialisasi yang disampaikan bertama "Kenakalan Remaja", Kegiatan ini dilaksanakan pada jum'at tanggal 18 Agustus 2023, Peserta yang mengikuti sosialisasi ini siswa dan siswi SMP 2 Tirtayasa.

Masa remaja dianggap sebagai masa labil dimana setiap individu berusaha mencari jadi dirinya dan mudah sekali dalam menerima informasi dari luar dirinya tanpa adanya pemikiran lebih lanjut. dari masa remaja ini banyaknya terjadi perilaku menyimpang dari norma sosial.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk mememberikan pemahaman untuk para remaja agar tidak terjerumus atau melakukan perilaku menyimpang dari norma sosial atau norma hukum.

Sumber: Felisia

Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pembuka dilanjut dengan memaparkan materi diantaranya memaparkan pemahaman mengenai permasalahan kenakalan remaja yang sering terjadi, faktor penyebab kenakalan remaja, dampak melakukan kenakalan remaja, serta cara pencegahan agar tidak melakukan kenakalan remaja, kemudian sesi tanya jawab, berdiskusi mengenai kenakalan remaja, serta berdiskusi bagaimana menjadi remaja yang berprilaku baik.  Para siswa dan siswi sangat antusias dalam menyimak pemaparan materi, dan mereka antusias dalam menyampaikan bentuk-bentuk kenakalan remaja, bagaimana dampak jika melakukan kenakalan remaja, dan bagaimana untuk menghindari kenakalan remaja. Berikut materi yang dipaparkan :

- Adapun beberapa bentuk kenakalan remaja yang perlu Parents waspadai, di antaranya:


1. Perkelahian Remaja
2. Penyalahgunaan Narkotika
3. Minum Minuman Keras
4. Melakukan Seks Pranikah

5. Melakukan Tindakan Kriminal, seperti Merampok

- Dampak dari kenakalan remaja dapat bervariasi, namun beberapa dampak umumnya meliputi penurunan akademik, masalah hukum, kerugian kesehatan fisik dan mental, kerusakan hubungan sosial, dan kesulitan dalam membangun karir di masa depan.

Faktor yang menyebabkan kenakalan remaja, diantaranya :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline