Lihat ke Halaman Asli

Felisha Dwi Septiana

Mahasiswa unsri

Evaluasi Program PLS: KB Anak Usia Dini Hubullah di Indralaya

Diperbarui: 10 Oktober 2023   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Selain itu Pendidikan di usia dini dapat menstimulus
perkembangan emosional anak dan intelektual anak. Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal, salah satu Pendidikan anak usia dini nonformal adalah kelompok bermain.

Kelompok Bermain merupakan satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia di bawah lima tahun. Kelompok Bermain umumnya beroperasi sampai siang hari saja, dan memiliki staf suster
anak atau sukarelawan.

Kelompok Bermain membantu anak untuk tumbuh berkembang secara wajar, juga membantu anak untuk meningkatkan kapabilitas kecerdasan anak serta membantu orangtua dalam melakukan sosialisasi didalam diri anak terhadap nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat.

Tujuan :
Mendiskripsikan secara luas mengenai KB HUBULLAH meliputi identitas lembaga,
visi, misi dan tujuan lembaga, struktur kepengurusan lembaga, system pembelajaran, serta program-program yang ada pada lembaga.

Manfaat :
Mengidentifikasi manajemen pada lembaga pendidikan luar sekolah dan
mengidentifikasi program- program yang dijalankan satuan lembaga pendidikan luar sekolah.

Program-Program Perencanaan :
1. Jangka waktu
Kb hubullah melakukan pelaksanaan program atau pembelajran sebanyak dua
semester dalam satu tahun dengan satu semester sekitar lima bulan pembelajaran,
pembelajaran dilaksanakan sebanyak lima hari dalam satu minggu yakni senin hingga jumat.

2. Macam-macam program
Program yang ada pada kb hubullah sendiri terdiri dari pengetahuan keagamaan, pengetahuan umum, keterapilan, akhlak, serta bermain sambil belajar.

3. Program unggulan
Program unggulan pada pembelajaran yang ada pada kb hubullah yakni pengetahuan keagamaan dimana terlihat dari awal hingga akhir kental dengan pembelajaran keagaaman seperti penghapalan doa-doa serta ayat-ayat pendek dan dapat dilihat pula dari panggilan para murid pada para tutor/guru yakni umi atau panggilan ibu dalam bahasa arab.

Bentuk Evaluasi : 

Bentuk evaluasi di kb hubullah sendiri dilakukan oleh pengelola dan tutor/guru
dengan cara melihat pekembangan sikap peserta didik, perkembangan motoric peserta didik, dll. Jika ada anak yang super aktif dan suka menganggu pembelajaran maka guru akan meletakan tempat duduk anak tersebut di dekat guru sebagai bentuk segan anak pada guru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline