Lihat ke Halaman Asli

Felinda Fazriyani

Mahasiswi IAIN Jember

Pengertian dan Pemikirian Tokoh Filsafat Pendidikan Esensialisme

Diperbarui: 12 Mei 2020   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Berikut penulis akan menjelaskan sedikit tentang definisi, beberapa tokohnya dan beserta pemikiran tokoh filsafat pendidikan esensialisme, yaitu :

1. Pengertian Filsafat Pendidikan Esensialisme

Esensialisme ini merupakan salah satu aliran pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan. Dengan demikian aliran ini memandang bahwa pendidikan hendaklah berpijak pada nilai dan tata yang jelas.

2. Tokoh Filsafat Pendidikan Esensialisme

a. William C. Begley

Merupakan salah satu filosofi yang lahir di Amerika Serikat. Dimana pemikirannya yaitu tentang fungsi pendidikan, bahwa pendidikan memiliki fungsi untuk menyampaikan warisan budaya dan sejarahnya kepada generasi muda.

Selain itu pemikirannya juga tentang esensialisme yang terbagi menjadi empat yaitu pertama tentang minat dan upaya belajar, kedua melalui pengawasan dan bimbingan orang dewasa, ketiga kedisiplinan diri, dan yang terakhir tentang teori pendidikan.

b. Thomas Briggs

Pemikiran Thomas Briggs yaitu tentang sekolah-sekolah yang gagal dalam mentransmisikan warisan-warisan sosial yang ada.

c. Frederick Breed

Pemikirannya yaitu bahwa kultur yang memiliki pengetahuan umum telah diberikan pada siswa di sekolah-sekolah dengan menekankan serta mendukung pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline