Lihat ke Halaman Asli

Felinda Fazriyani

Mahasiswi IAIN Jember

Filsafat Pendidikan Progresivisme

Diperbarui: 6 Mei 2020   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Penulis akan menganalisis sedikit tentang aliran filsafat pendidikan progresivisme itu sendiri dan beberapa tokohnya.

1. Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme

Progresivisme merupakan salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yang lahir pada tahun 1918 dan merupakan suatu aliran yang menyatakan tentang pengetahuan masa sekarang tidak akan sama dengan pengetahuan yang ada di masa mendatang. Selain itu pendidikan seharusnya berpusat pada anak bukan hanya pada guru saja.

2. Tokoh Filsafat Pendidikan Progresivisme beserta Pemikirannya

a. George A Xtelle

Xtelle merupakan seorang filsuf pendidikan sekaligus seorang humanis dan pragmatis yang lahir pada tahun 1893. Pemikirannya tentang pendidikan adalah fungsi sosial yang terpenting dari masyarakat.

b. William O Stanley

Merupakan salah satu pendiri fondasi sosial pendidikan. Dan Pemikirannya yaitu tentang perilaku individu, dimana perilaku tersebut dapat menentukan nilai dari individu itu sendiri.

c. Ernest Albert Bayley (1881-1966)

Merupakan seorang filsuf asal Australia. Pemikirannya bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan lingkungan disekitarnya melalui kecerdasannya serta metode-metode ilmiah. Sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan pendidikan akan lebih berkembang serta maju.

d. Lawrence B. Thomas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline