Lihat ke Halaman Asli

Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi

Diperbarui: 3 November 2022   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB 1 PENDAHULUAN

Pada masa sekarang terutama generasi muda telah mengalami hilangnya sifat nasionalisme pada diri mereka. Apa yang dimaksud Nasionalisme?

 Nasionalisme adalah sebuah paham dimana kita sebagai manusia Indonesia berusaha untuk mencintai bangsa dan tanah airnya, sehingga tidak memandang rendah bangsa lain dengan mempertahankan keamanan dan kedaulatan bangsa untuk mencapai tujuan yang sama.

 Sering kali kita mengetahui nasionalisme itu dengan arti cinta tanah air, dengan menunjukkan adanya pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya dan rasa cinta tanah air yang tidak berlebihan tentunya. 

Nasionalisme sangat diperlukan dalam suatu negara, dengan harapan dapat memunculkan rasa persatuan di dalam negara tersebut. 

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, salah satunya melalui pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang didapat lewat pembelajaran sekolah maupun kampus.

Selain itu juga dapat dilakukan dengan menyanyikan lagu nasional, penghormatan bendera merah putih, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Hal terpenting dalam cara-cara tersebut adalah dapat dilakukan dengan pembiasaan yang tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Dengan demikian, rasa nasionalisme dalam diri generasi muda akan terus berkembang.

Generasi muda Indonesia adalah generasi penerus bangsa ini, bangsa yang akan menjadi maju bila para pemudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin maju, malah menyebabkan semakin memudarnya rasa nasionalisme. 

Hal tersebut disebabkan, karena adanya pengaruh budaya luar yang sedang melanda generasi muda di Indonesia. 

Generasi muda sekarang telah masuk ke dalam pengaruh perkembangan zaman yang begitu cepat, mereka lebih mengenal dan memahami kebudayaan negara lain. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline