Lihat ke Halaman Asli

Felicia Griselda

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Panic Buying Tiket Konser Blackpink

Diperbarui: 4 April 2023   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: kpopmap.com

Pada tanggal 11 hingga 12 Maret 2023 diadakannya konser Blackpink World Tour dalam rangka promosi album baru mereka, yaitu Born Pink di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Grup K-pop legendaris ini beranggotakan 4 orang, Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose. Tiket konser Blackpink ini, sudah mulai dijual dari tanggal 14 November 2022 (khusus untuk Blink Membership) hingga tanggal 15 November 2022 (untuk umum). Dalam penjualan tiket konser tersebut, tersedia 6 kategori tiket dari kisaran harga Rp 1.350.000 -- Rp 3.800.000. 

Panic Buying ini terjadi oleh para penggemar Blackpink yang takut akan kehabisan tiket dan tidak dapat menonton konser idol kesayangan mereka. Para penggemarnya memiliki loyalitas yang tinggi terhadap idolanya, sehingga tidak masalah dengan harga tiketnya. Tidak sedikit juga dari mereka yang membeli tiket konser tersebut dari sumber yang tidak resmi seperti calo atau jastip, grup order, atau wts yang dipromosikan melalui sosial media. Banyak dari mereka yang tertipu oleh promosi di sosial media yang harganya lebih murah dibanding dengan harga yang tercantum di web resmi penjualan tiket Blackpink ini, yaitu Tiket.com. 

sumber: solusiprinting.com

Panic Buying biasa terjadi pada saat kehabisan tiket konser di web resmi. Pembelian tiket konser di luar web resmi tidak selalu merupakan penipuan, hanya perlu mencari dan memilah mana penjual yang terpercaya dan mana yang merupakan penipu. Berikut ialah tips yang harus dilakukan untuk menghindari scam tiket konser: minta kartu identitas dan sosial media penjual, cek data penjual, minta bukti tiket terbaru tanpa terpotong, cek bukti pembelian tiket melalui video call, minta pembayaran COD.

Tidak hanya di konser Blackpink saja, Panic Buying juga terjadi di konser NCT127 yang telah digelar lebih dulu pada hari Jumat (4/11/2022). Jadi fenomena Panic Buying ini sudah sering terjadi di berbagai konser. Panic Buying ialah perilaku membeli atau aktivitas belanja yang dilakukan secara emosional tanpa pertimbangan yang matang. Disarankan untuk para masyarakat yang akan membeli tiket konser terutama para penggemar K-Pop, untuk tidak panic buying dalam membeli tiket konser.

Loyalitas yang tinggi para penggemar terhadap idolanya, dimanfaatkan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dan ingin menipu dalam penjualan tiket konser. Harga tiket konser Blackpink yang ditawarkan oleh calo di GBK, Senayan, Jakarta tersebut hingga Rp 10 juta per satu tiket VIP. Padahal harga tiket resmi konser Blackpink yang digelar selama dua hari, sabtu dan minggu (11-12 Maret 2023) sekitar Rp1.350.000 hingga Rp 3.800.000. Dengan tiket kategori VIP yang bisa dibeli dengan harga Rp 3,8 juta dan platinum dengan harga Rp 3,4 juta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline