Lihat ke Halaman Asli

Ketika Mode Checlist Tak Mempan Mengatur Jadwal Harian

Diperbarui: 8 Juni 2023   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: https://csegroup2014.blogspot.com/2013/11/check-list.html 

Ketika Mode Checlist Tak Mempan Mengatur Jadwal Harian 

 

Kompasianer yang Budiman dan berbahagia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari...pernah nggak dari kalian menggunakan mode checklist untuk mengatur rutinitas harian. Membuat jadwal kegiatan yang dilakukan seharian, membuat remember untuk kegiatan yang penting-penting dan berjanji akan menjalankan agenda tersebut setiap hari, namun rutinitas tersebut hanya tinggal catatan di buku agenda. Tidak terlaksana dengan baik, ada rasa malas menyertai dan tidak jarang melakukan kegiatan lain yang tiba-tiba muncul di hari H.

Nah, itu yang sering penulis rasakan. Rutinitas tersebut hanya berlaku paling lama seminggu, kemudian kembali berantakan dengan berbagai alasan. Padahal sudah betul-betul berjanji pada diri sendiri untuk konsisten dengan kegiatan tersebut. Hari-hari pertama masih rajin memberi checklist pada kegiatan yang sudah dilaksanakan dan pada malam hari evaluasi ketercapaian. Tak jarang juga membuat list kegiatan yang akan dikerjakan esok harinya.

Ketika berada pada kondisi tersebut, apa yang perlu kita lakukan agar waktu kita tetap produktif, tidak terbuang sia-sia dan agenda yang sudah tersusun bisa terlaksana dengan baik. Penulis punya tips khusus untuk menghadapi kondisi tersebut. Tips ini bisa cocok dengan anda atau tidak, jadi ini untuk yang cocok menggunakan trik jitu ini, berikut trik-triknya:

  • Kembali ingatkan diri sendiri, Bahwa waktu tidak bisa di ulang kembali, dia akan berlalu begitu saja, maka rugi besar bagi yang tidak mampu memanfaatkannya"
  • Tonton video-video motivasi tentang waktu, kerja keras, semangat juang, kesuksesan tokoh/seseorang dan catat quote-quote pentingnya.
  • Buat Challenge untuk diri sendiri sehingga kita merasa tertantang untuk menjalankan challenge tersebut. Misalkan challenge bangun jam 04.00 wib setiap hari selama seminggu, maka semangat anda untuk menyelesaikan challenge tersebut akan muncul.
  • Evaluasi ketercapaian agenda checklist yang anda susun, jika agak kesulitan susun kembali jadwalnya sesuai dengan kemampuan anda
  • Terakhir, lakukan dengan perlahan-lahan dan sedikit-sedikit, karena langsung melakukan perubahan secara besar sulit menjadi habit.

Silahkan dipraktikkan jika anda mengalami kekendoran semangat kerja dan aktivitas. Percayalah dengan agenda kegiatan bisa mengatur aktivitas anda menjadi lebih baik dan teratur. Salam sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline