Lihat ke Halaman Asli

Feiza Amara Rahma

22107030129_Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Ini Event Kuliner Ramadhan dengan HTM Gratis di Jogja!

Diperbarui: 8 April 2023   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : dokumen pribadi

Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan kemudahan bagi umat islam.  Karena dalam bulan ini terdapat banyak pahala yang allah sediakan untuk hambanya. Selama bulan ramadhan ini umat muslim melakukan berbagai bentuk penghormatan dan ketatan kepada tuhannya seperti, Puasa, Shalat Tarawih, Bersedekah, Pergi umrah, dan lain sebagainya.

Selain konteks ibadah, dalam bulan suci ramadhan ini terdapat berbagai tradisi unik yang dilakukan oleh umat muslim diseluruh dunia, seperti Piknik Iftar di India, Bedug Sahur di indonesia, Tradisi Menembakkan Meriam di Lebanon, Menghias Jalan dengan Lentera di Mesir, Mengecat Rumah di Maroko, dan lain sebagainya.

Suasana keramaian pada bulan ramadhan juga diwarnai dengan banyaknya event-event yang diselenggarakan khusus hanya pada bulan ramadhan, alasannya tak lain juga untuk memeriahkan bulan suci umat islam ini.
Jogja menjadi salah satu kota yang banyak membuka event-event menarik pada bulan ramadhan. Dari event pertunjukkan musik, pameran hingga kuliner. Dari yang berbayar hingga gratis. Banyaknya event gratis saat ramadhan ini menjadi keuntungan dan ketertarikan tertentu bagi anak kos. Pasalnya anak kos diharuskan untuk bisa menyeimbangkan keuangan mereka hingga akhir bulan.

Berkaitan dengan bulan Ramadhan yang mewajibkan umat islam untuk menahan lapar hingga petang atau magrib, Jogja membuka beraneka ragam tempat buka puasa gratis yang bisa dinikmati tak hanya untuk umat islam saja. Karena harga yang ramah kantong, tempat-tempat ini jadi keterterikan tertentu untuk semua kalangan.
Berikut event-event kuliner dengan HTM gratis dan harga ramah kantong yang sudah kami datangi di Jogja!


1.Cemal Cemil Takjil JNM Bloc

sumber : dokumen pribadi

Mulai tanggal 1-20 April 2023, serba serbi jajanan pasar khas Ramadhan udah bisa diburu. Event ini buka dari jam 15.00 sampai 20.00 WIB. Tempatnya di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pendopo Ajiyasa, JNM Bloc. Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Ada Daily Music Performance dan berbagai Workshop menarik juga. Tempat nyaman dengan pemandangan aesthetic tersebut menjadikan tempat ini banyak diburu anak remaja hingga tak jarang turis dari luar negeri. 

Tempat ini juga cocok dijadikan tempat mengerjakan tugas baik individu maupun kelompok seperti yang sudah dituturkan Nabilla Dyah, mahasiswa semester 2 Universitas Negeri Yogyakarta pada Selasa, 4 April 2023. "Enak banget tempatnya, kalo mau ngerjain tugas di tempat bagus dan nyaman tapi ga ngeluarin uang buat masuk sama sekali, ada live music dan jajanan unik-unik jaman 90'an yang harganya ramah kantong buat mahasiswa. Mantep sih."

sumber : dokumen pribadi

Meski tempatnya memanjakan pengelihatan dan telinga, tempat ini tidak memungut HTM masuk sama sekali atau gratis. Harga yang ditawarkan pada event ini juga terjangkau, mulai dari Rp. 5000-30.000 an saja. Pembayaran pada event ini juga menyarankan pada pelanggan untuk melakukan metode pembayaran secara Cashless.  


2.Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline