Lihat ke Halaman Asli

Feirawati

Guru Pendidikan Luar Biasa

Pentingnya Belajar Kecakapan Vokasional bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Diperbarui: 10 April 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pxl-20220812-071848595-62f5ff3908a8b563384ec4c2.jpg

img-20220811-wa0010-630240653555e4527f064de2.jpg

whatsapp-image-2023-04-10-at-10-25-43-643382784addee0c4d692872.jpeg

Vokasional menurut KBBI adalah bersangkutan dengan (sekolah) kejuruan; bersangkutan dengan bimbingan kejuruan. Menurut Undang Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan kecakapan hidup (life skill) adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.

Kecakapan vokasional adalah salah satu yang dapat dipelajari peserta didik berkebutuhan khusus untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, yaitu mandiri dan cakap di masyarakat. Kecakapan vokasional mengarah kepada kejuruan keterampilan, dimana peserta didik dibekali kecakapan individu, sosial, kecerdasan motorik, serta profesionalitas bekerja untuk bisa melanjutkannya di dunia kerja dan agar mampu bersaing di industri masyakat pada umumnya. 

Keterampilan vokasional juga efektif mengatasi hambatan pada peserta didik berkebutuhan khusus pada kekhususan tertentu yang tidak memungkinkan untuk diarahkan pada bidang akademik, maka akan lebih efektif dikuatkan dalam bidang keterampilan vokasionalnya. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus keterampilan vokasional sangatlah penting dipelajari guna mengasah kecakapan vokasional untuk menunjang kelanjutan hidup dimasyarakat. 

Keterampilan vokasional seperti apakah yang dapat dipelajari peserta didik berkebutuhan khusus?, Keterampilan vokasional yang di pelajari peserta didik berkebutuhan khusus sama halnya seperti yang diajarkan kepada semua orang, sesuai dengan teknik dan tahapan rangkaian kegiatan keterampilan yang ada, namun tetap disesuaikan dengan bakat minat dan kemampuannya, kemudian disesuaikan cara memberikan materinya, sebagai contoh; untuk anak hambatan pendengaran maka penyampaian materi dengan isyarat, anak hambatan intelektual maka dengan penyederhanaan penyampaian materi secara padat, ringkas dan jelas dicontohkan dengan benda kongkret, kemudian disesuaikan dengan kemampuannya tentunya. 

Keterampilan vokasional yang diajarkan di sekolah luar biasa bagi peserta didik berkebutuhan khusus, beberapa diantaranya: membatik, tata rias, membuat hantaran, merangkai bunga, kriya kayu, holtikultura, melukis, menjahit dan lain sebagainya, tentunya disesuaikan dengan sumber daya di sekolah masing-masing. Keterampilan vokasional diharapkan menjadi bekal bagi mereka dalam dunia usaha dikehidupan masyarakat, dan tentunya tujuannya adalah membuat mereka mandiri dan mempunyai kemampuan dibidang keterampilan yang mereka mumpuni. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline