Lihat ke Halaman Asli

Fegy Faustina

universitas airlangga

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran dalam Jual Beli Online

Diperbarui: 14 Juni 2022   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan internet pada saat ini sangat pesat, internet juga sangat bermanfaat bagi segala aspek kehidupan, seperti pendidikan, perdagangan, ekonomi, dan pemerintahan. Dalam bidang perdagangan, para pelaku bisnis berbondong-bondong promosi di media sosial. Pengaruh internet menjadikan begitu bergantung akan kehadirannya, terlebih setelah munculnya media sosial sehingga dengan mudah mendapatkan beragam informasi. Kondisi ini merupakan kemampuan untuk menggunakan Internet tanpa batasan waktu dan tempat, terutama untuk pemasaran produk atau jasa secara global. E-marketing merupakan salah satu komponen e-commerce yang menjadi perhatian khusus para pemasar. Artinya, itu adalah strategi proses produksi, distribusi, promosi dan penetapan harga produk
dan jasa. 

Saat ini, dengan perkembangan besar jaringan sosial telah menjadi kebutuhan penting yang selalu menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi bisnis kita, selain itu, jaringan sosial memiliki dampak yang besar pada bisnis kita, mempengaruhi semua industri, berbeda dari penjualan tradisional. Media sosial pada dasarnya adalah metode sosialisasi dan interaksi, dan pada saat yang sama menarik orang lain untuk melihat dan mengakses tautan informasi produk, dan juga dapat digunakan sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang sederhana, paling sederhana dan paling tidak umum. Hal terakhir inilah yang mendorong para pelaku bisnis untuk menggunakannya sebagai alat pemasaran interaktif, sebagai layanan, untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan dan prospek, dan digunakan sebagai alat untuk menjual dan membeli produk secara online.

Media sosial didasarkan pada teknologi Internet yang mengubah pola penyebaran informasi dari yang lama ke khalayak yang besar, dan dari khalayak yang besar menjadi khalayak yang besar. Dua aspek penting dan menarik dari ungkapan terkenal dari teori pemasaran sosial " The Seven Door Approach": community development and development) dan pendidikan (education). Pemasaran sosial bukan hanya tentang ide pemasaran untuk tujuan amal. Pemasaran sosial, atau pemasaran sosial, pada dasarnya adalah
upaya untuk mengubah sikap dan perilaku orang melalui perubahan sosial.

Pada dasarnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yaitu suatu kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran bahwa ia siap menerima, membeli, dan mempertahankan loyalitas produk terhadap suatu perusahaan dan produknya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline