Assalamu’alaikum wr.wb.
Oke, saya kembali lagi disini untuk melakukan resume mata kuliah olimpisme pertemuan ke 10 tentang membangun lingkungan pendidikan yang kondusif lewat olimpisme. Baik, langsung saja kita mulai ke materi
PENANAMAN OLIMPISMEUNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG KONDUSIF
MEMAHAMI
LINGKUNGAN EKSTERNAL VS DUNIA PENDIDIKAN SAAT INI
1.EKONOMI
KENDALI EKONOMIADA DITANGAN NEGARA-2 MAJU
PERSAINGAN BISNI MENINGKAT TAJAM (KOMPETITIF)
EKONOMI BERBASIS INTELEKTUALMENGALAHKANEKONOMI
BERBASIS EKPLOITASI SUMBERDAYA ALAM
GAP EKONOMI NEGARAMAJU DENGAN NEGARA BERKEMBANG
MAKIN DALAM
2.SOSIAL
TERBENTUK MASYRAKAT GLOBAL (MULTI SOSIAL)
KEHIDUPAN INDIVIDUALIS MAKIN MENINGKAT
MAKIN BANYAKNYA PENYAKIT PENYAKIT SOSIAL DI MASYARAKAT
3.POLITIK
TERJADI DEMOKRATISASI KARENA KETERBUKAAN
KETERIKATAN TERHADAP “REGULASI INTERNASIONAL”
SEMUA LEVEL MASYARAKAT BERPERAN DALAM KEHIDUPAN POLITIK
4.BUDAYA/KULTUR
KETERBUKAAN/TRANSPARANSI
GLOBALISASI BUDAYA, “ CROSS CULTUR “
TERCIPTANYA ” KEHIDUPAN DUNIA MAYA”
DINAMIKA KEHIDUPAN MENINGKAT
MENINGKATNYA PENYAKIT “PSIKOLOGIS”
TEKNOLOGI INFORMASI SANGAT BERPERAN DALAM MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN & WAWASAN MASYARAKAT
SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
MENJADI FAKTOR STRATEGIS
•SDM Sebagai faktor sentral “perubahan”
•Kompetensi SDM sebagai “nilai kompetitif”
•SDM sebagai “aset utama” Negara/Perusahaan
•Perlu penyiapandan pengelolaan SDM yang tepat,dengan orientas “kompetensi global”
KOMPETENSI SDMYANG DITUNTUT OLEH LINGKUNGANKOMPETITIF SAAT INI
·Pengetahuan/Wawasan Global
·Keterampilan Global
·Sikap / Perilaku
“TELAH TERJADI GAP BESAR” ANTARAPENDIDIKANDENGAN LINGKUNGANEKSTERNALDI INDONESIA
“DAMPAK” YANG DITIMBULKAN…
1.Kompetensi SDM Indonesia kurang “competitive” pada berbagai sektor
2.SDM Indonesia tidak memiliki sikap profesional, kurang memiliki daya juang dan moral-moral mulia seperti kejujuran,saling menghargai & sportifitas.
3.SDM Indonesia kurang siap memenuhi kebutuhan industri/usaha yang saat ini terus berkembang begitu pesat.
4.Kondisi ekonomi Indonesia akan makin terpuruk, pada berbagai aspek
PengertianLingkungan Pendidikan Yang Kondusif
Lingkungan sistem pendidikandimana hasil sistem pendidikan tersebut sejalan (kondusif) dengan tuntutan & kebutuhan lingkungan eksternal.
Adanya lingkungan pendidikan yang kondusifmerupakan prasyarat mutlak, untuk menghadapi globalisasi.
Dengan otonomi pendidikan diharapkan sekolah akan mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensiyang tepat dengan tuntutan lingkungan eksternal
Upaya menguragi Gap hasil pendidikan dengan tuntutan lingkungan eksternal
Mensinkronkan arah pendidikan sesuai kebutuhan kompetensi yang dibutuhkanlingkungan eksternal melalui :
1.Pembekalan kepada siswa kompetensi SDM yang relevan (hard sklill + soft skill)
2.Penyiapan mental siswa menghadapi lingkungan kompetisi yang keras dengan perubahan yang makin cepat
3.Pengembangan daya kreatif dan inovatif siswa agar mampu menyikapi situasi & sumberdaya yang makin terbatas
4.Pembiasaan diri dalam lingkungan global dan multi budaya (keterbukaan, interaksi andragogi)
Upaya lain dalam mengurangi Gap :
·INTELLECTUAL DEVELOPMENT
·EMOTIONAL DEVELOPMENT
·ADVERSITY DEVELOPMENT
Olahraga sebagai ”Sekolah untuk kehidupan”
Olahraga yang dilakukan melalui perancangan dan palaksanaan yang benar merupakan sekolah yang baik bagi kehidupan masa sekarang dan masa depan, oleh karena ituolahraga yang dimulai sejak anak-anak berada di sekolah dasar yang dikenal dengan istilah mata palajaran pendidikan jasmani haruslah mendapat perhatian dan ditunjang dengan segala aspek yang diperlukan.
Keterampilan yang diperolah melalui berbagai macam partisipasi dalam permainan merupakan dasar perkembangan manusia secara keseluruhan. Keterampilan tersebut dapat berupa kerja sama, percaya dan harga diri yang merupakan faktor-faktor penting yang mendasar untuk membentuk pribadi manusia agar mereka dapat dan mampu berpikir dan berbuat untuk kepentingan dirinya, masyarakat, negara, bangsa dan dunia (kepentingan masa depannya)
(Prof. Imam Suyudi:PakarOR/ Mantan Direktur National Olympic Academic OfIndonesia )
Kesimpulan
Jadi kesimpulannya adalah,
1.Persaingan globalisasi semakin kuat, dan kita harus mampu bertahan di dalam persaingan tersebut.
2.Agar mampu bertahan dalam persaingan tersebut, sesorang harus belajar terlabih dahulu
3.Agar pembelajaran efektif, harus diciptakan suasana yang kondusif didalamnya
4.Melalui olimpisme, kita semua di ajarkan bagaimana cara membangun suasana pembelajaran yang kondusif