Lihat ke Halaman Asli

Trading Saham: Pengertian

Diperbarui: 17 Oktober 2022   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Dahulu, trading saham menjadi hal langka karena hanya digunakan di ruang lingkup orang yang bekerja di insteksi keuangan maupun perusahaan sekuritas. Namun, perkembangan teknologi membuat training saham bisa dilakukan semua orang.

Masyarakat pun bisa menjadikan aplikasi trading saham sebagai peluang melakukan transaksi jual beli surat berharga. Aplikasi tersebut juga cocok untuk pemula yang menginginkan terjun ke dunia trading saham.

Pengertian Trading Saham

Trading saham adalah transaksi jual beli saham jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan besar. Anda juga harus memahami berbagai hal mengenai trading saham sehingga mendapat keuntungan, salah satunya mengenai analisis teknikal.

Analisis teknikal jenis strategi yang mampu mempelajari pergerakan harga dan volume perdagangan saham setiap harinya. Pastinya tadi saya dilakukan dengan memanfaatkan momentum fluktuasi harga saham. jika masih pemula pelajari dan bergabung dengan pecinta trading saham sehingga bisa memperoleh keuntungan.

Dari penjelasan yang bisa kita pahami, trading saham adalah jenis transaksi jual beli saham dengan pertimbangan pergerakan saham secara harian.

Trading saham juga dilakukan dengan memanfaatkan momentum fluktuasi harga saham.

Di yakni dengan mempelajari pergerakan harga saham. Anda harus membuat diri Anda familiar dengan fluktuasi harga saham yang terjadi sehari-har.

Selain itu, trading saham adalah kegiatan memperjualbelikan saham yang bergantung pada fluktuasi harga pasar. Jika Anda bersikap pasif, maka anda harus lebih aktif dalam trading.

Orang yang melakukan trading sham disebut dengan trader dan berbeda dengan investor, karena trading akan lebih aktif untuk menganalisa fluktuasi harga saham setiap harinya dan disinilah trader akan memilih harga saham yang terbaik. Hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan capital gain yang maksimal saat nanti menjualnya kembali.

Untuk menjadi seorang trader saham, kamu harus selalu menganalisa pasar secara rutin agar memperoleh keuntungan maksimal saat menjual. Karena salah satu trait yang harus dimiliki untuk menjadi seorang trader yang sukses adalah bisa menentukan kapan waktu dan harga ternbaik dalam jual beli saham.

Trading saham juga bertujuan untuk transaksi jual beli surat kepemilikan atas perusahaan maupun perseorangan terbatas dalam jangka pendek. Umumnya, jangka pendek yang dimaksud dari dilihat dari harga pasar setiap harinya. Selain itu, trading sama adalah kegiatan memperjualbelikan saham yang bergantung pada fluktuasi harga pasar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline