Sebagai seorang pendidik anak usia dini, peran seorang guru memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Oleh karena itu, guru harus memiliki langkah-langkah dalam memperkaya permainan. Dari pengertian bermain yaitu sebuah aktifitas yang menyenangkan. Maka, bermain tidak hanya menggunakan alat ataupun tidak.
Menurut Hughes, seorang ahli perkembangan anak, dalam bukunya Children, Play, and Development, harus ada 5 unsur dalam kegiatan bermain :
1.Tujuan bermain
Dalam kegiatan bermain, harus ada tujuan yang akan dicapai.
2.Dipilih secara bebas
Permainan dipilih sendiri dan tidak ada yang memaksa.
3.Menyenangkan dan dinikmati
4.Ada unsur khayalan dalam kegiatanya
5.Dilakukan secara aktif dan sadar.
Dari beberapa unsur tersebut, seorang guru mengembangkan permainan yang meliputi 5 unsur tersebut. Permainan masa lalu tentunya berbeda dengan permainan masa sekarang. Tetapi secara umum permainan diharapkan mampu menjadi alternatif belajar anak yaitu permainan yang menyenangkan dan tidak membebankan.
Dalam pengembangan permainan bagi anak, guru dapat melihat dari aspek yang ingin dicapai dari sebuah permainan. Berikut ini enam aspek perkembangan bermain anak :