Lihat ke Halaman Asli

Komang Feby Wija Ganeshwari

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2020

Mengungkap Misteri Melalui Komunikasi Nonverbal dalam Film "Enola Holmes" (2020)

Diperbarui: 16 November 2021   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Enola Holmes merupakan sebuah film yang mengangkat tema misteri asal Amerika Serikat yang telah resmi rilis pada tahun 2020 di Netflix. Film yang disutradarai oleh Harry Bradbeer ini, diadaptasi melalui salah satu novel karya Nancy Springer yang berjudul "The Enola Holmes Mysteries". 

Selain mengangkat cerita misteri yang sangat menarik, terdapat para pemain ternama yang juga berhasil memerankan tokoh dalam film Enola Holmes dengan baik, sehingga mampu membawa para penikmat film mendalami cerita yang terbilang cukup rumit. 

Diantaranya yakni Millie Bobby Brown sebagai tokoh utama bernama Enola Holmes, kemudian tokoh Tewkesbury yang diperankan oleh Lois Partridge hingga pemain senior lainnya.

Film yang mengambil waktu pada era tahun 1884 di Inggris ini, singkatnya menceritakan seorang gadis bernama Enola Holmes berusia 16 tahun yang tepat di hari ulang tahunnya mendapati ibunya telah menghilang secara misterius dan meninggalkan berbagai macam hadiah, tetapi tanpa pesan apapun. 

Terbiasa dengan didikan keluarga Holmes yang selalu memecahkan masalah, terlebih memiliki seorang kakak laki-laki bernama Sherlock Holmes dengan kemampuan sebagai detektif yang telah diakui seluruh kota, membuat Enola berusaha mencari jawaban atas kepergian mendadak ibunya. 

Namun, dalam mencari jawaban dari tanda-tanda yang diberikan oleh ibunya, Enola justru dipaksa untuk bersekolah di sekolah khusus wanita dan dipersiapkan untuk segera menikah. Tentu saja hal tersebut tidak menghalangi Enola, melainkan dirinya kabur dan mencoba mengikuti arahan dari pesan-pesan tersembunyi yang diberikan oleh ibunya.


Dalam film ini, alur yang diceritakan yakni maju mundur di mana banyak terdapat adegan kilas balik ketika Enola berusaha memaknai simbol-simbol yang diberikan oleh ibunya. Jika dilihat melalui perspektif komunikasi, film Enola Holmes banyak menggunakan komunikasi nonverbal dalam keseluruhan ceritanya dari awal hingga akhir cerita. Nah sebelumnya, apa sih itu komunikasi nonverbal?

Menurut Larry A. Samovar dan Richard E. Porter mendefinisikan komunikasi nonverbal sebagai seluruh rangsangan nonverbal dalam suatu pengaturan komunikasi yang dihasilakan dengan bersumber pada penggunaan lingkungannya dan memiliki nilai pesan yang potensial bagi penerima dan sumbernya. Komunikasi nonverbal sendiri meliputi ekspresi wajah, gerakan atau perilaku tubuh, bau, sentuhan, ruang, waktu, dan jarak.

Lalu jika dilihat pada adegan dalam film Enola Holmes, komunikasi nonverbal yang dimunculkan yakni sebagai berikut

Pertama, dapat dilihat pada adegan di menit ke 03:59. Pada menit ini, komunikasi nonverbal ditunjukan melalui hadiah ulang tahun Enola yang diberikan oleh ibunya. 

Dalam salah satu hadiah yang diberikan berisi kumpulan gambar yang disebut sebagai bahasa bunga. Gambaran bunga tersebut menjadi "komunikasi" antara Enola dengan ibunya. Salah satu bunga menunjukkan bahwa Enola dapat menggunakan hadiah tersembunyi yakni sejumlah uang dengan bijak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline