Lihat ke Halaman Asli

FEBYOLA MANOPPO

Freelance writer/ webnovel, Joyread, Goodnovel, istory,libri,popink

Maraknya Penipuan Giveaway Palsu, Sungguh Sangat Meresahkan Masyarakat

Diperbarui: 3 Januari 2023   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Maraknya penipuan giveaway palsu, sungguh sangat meresahkan masyarakat, akhir -- akhir ini, dan tidak sedikit juga yang mengatas namakan dari pihak artis --artis terkenal, sehingga banyak di antaranya, beberapa artis juga dirugikan dalam hal pencemaran nama baik, dan juga memakan banyak korban, yang mungkin belum dapat membedakan mana giveaway yang asli atau palsu. Beberapa penipu sudah banyak yang tertangkap, namun ternyata masih banyak penipu di luaran yang masih berkeliaran dan meresahkan masyarakat.

Belum lama ini terjadi kembali, dilansir dari salah satu narasumber, yang juga merupakan korban dari penipuan giveaway palsu, wanita ini bernama Ibu Martha. Awalnya Ibu Martha ini, sedang menonton salah satu video, di salah satu sosial media, lalu dia memberikan komentar, tak lama dari situ, hanya dalam hitungan lima menit saja, ada salah satu akun, yang membalas komenannya, dan memberikan sebuah gambar, yang bertuliskan, 'Selamat anda memenangkan giveaway'.

Lalu Ibu Martha, mencoba melihat deskripsi dari gambar giveaway tersebut, di bagian bawah gambar, terdapat nomor telefon. Setelah itu, Ibu Martha, menghubungi nomor pemberi giveaway tersebut, di sinilah awal dimulainya , percakapan diantara Ibu Martha dan sang penipu giveaway palsu tersebut. Saat Ibu Martha mulai mengirim pesan pada pemberi giveaway tersebut.

 

"Apakah betul , saya telah memenangkan giveaway?" tanya Ibu Martha

"Ya, maaf dengan siapa ini, boleh saya tahu nama asli kakak?"

"Martha Febyola".

"Baik, kalau begitu,  apakah ini benar akun kakak?"

"Ya, betul, ini akun saya".

"Alhamdulillah, syukurlah, semoga dengan bantuan ini, bisa bermanfaat untuk kakak di sana ya dan bisa meringankan bebannya kakak. Sebelumnya kami ingin bertanya, setelah dana sudah kakak terima, rencananya mau digunakan untuk apa kak, untuk anak sekolah, atau untuk usaha kakak?"

"Untuk biaya sekolah anak".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline