Lihat ke Halaman Asli

Reportasi Studi Lapangan Pabrik Pembuatan Tahu di Desa Cipondoh, Tangerang

Diperbarui: 6 Juli 2023   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Studi lapangan yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa kelas BPI 2C ini pada hari tanggal Selasa, 27 juni 2023  di Desa Cipondoh, Tangerang, pada upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah Cipondoh, Tangerang, terutama dalam sektor pembuatan tahu. Metode yang dilakukan oleh mahasiswa BPI 2C ini adalah melalui metode observasi langsung dan wawancara kepada pemilik pabrik pembuatan tahu dan pekerja pembuatan tahu. Kami mengunjungi salah satu pabrik pembuatan  tahu di desa Cipondoh dan mengamati langsung pembuatan tahu serta interaksi dengan pemilik usaha dan pekerja. Kami wawancara dengan pemilik pabrik tahu dan para pekerjanya yang terlibat dalam perindustrian pembuatan tahu ini. Setelah kami mengamati dan mewawancarai kami mendapati bahwa pembuatan tahu memberikan dampak positif bagi desa Cipondoh.

 Kami menemukan bahwa pabrik pembuatan tahu setempat ada kemandirian seperti mereka mengorganisir diri mereka sendiri dan melakukan kolaborasi dan partisipasi baik dalam proses pembuatan tahu, seperti mereka membeli bahan utama yaitu kedelai di agen kedelai yaitu di Kopti, mengembangkan keterampilan dalam pembuatan tahu, memanfaatkan sumber daya lokal, dan memasarkan produk mereka ke pasar tradisional dan regional dan bentuk pastisipasi masyarakat setempat seperti membeli langsung ke pabrik pembutan tahu atau membelinya di pasar. Kontribusi industri pembuatan tahu terhadap pengembangan ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.  Pemberdayaan ini tidak hanya meningkatkan taraf hidup masyarakat, tetapi juga menghasilkan manfaat sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Berikut script wawancara;

Pewawancara : Dalam proses pembuatan tahu ini, apakah pernah mengalami kegagalan dalam proses pembuatan? Dan apa sebab utama yang menjadikan tahu ini gagal ?

Narasumber : Ya pernah gagal tapi tidak sering, itu biasanya karena kebanyakan cuka, tahu jadi kecut makanya tahu gagal

Pewawancara : Setelah tahu ini selesai diproduksi kemudian dimana bapak menjual tahu semua ini?

Narasumber : Saya menjualnya ke pasar pasar, tapi kadang ada juga masyarakat stempat yang langsung beli disini, sering juga masyarakat setempat pesen dulu baru besoknya ambil langsung dipabrik sini.

 Pewawancara : Kapan waktu kerja pembuatan tahu? Berapa lama? Dan sejak kapan pabrik pembuatan tahu ini berdiri?

Narasumber : Mulai kerja itu dari pagi sekitar jam 7 an sampai petang jam 6 sore an, istirahat paling sekitar waktu zuhur abis itu lanjut lagi sampe petang, pabrik ini sudah berdiri sejak tahuh 2005.

Pewawancara : Bagaimana proses pembuatan tahu ini pak? Dan apakah ada kendala dalam pembuatan tahu ini?

Narasumber : Pertama itu kedelai ini digiling terus setelah itu langsung direbus,kemudian setelah direbus disaring lalu diberi air cuka dan diaduk sampai merata, kan berbusa nah busanya itu disedot atau diambil. Stelah itu ampas tahu nya itu ditaro ditempat cetakan dan ditutup pake kain basah, kemudian ditutup menggunakan press an yang berbentuk anyaman supaya berbentuk kotak kotak tahu lali ditutuplah menggunakan tutup cetakan sembari dipress kan, lalu diamkan selama 10 menit hingga padat lalu diamkan hingga dingibn dan sudah jadi.

Kalau kendala sih Alhamdulillah sejauh ini sudah tidak ada lagi, hanya awal awal saja merasa kesulitan pembuatannya karena bawa awal awal tapi sedah lama sudah tidak kesuloitan lagi.

Pewawancara : Siapa pemilik dan ide untuk pemberdayaan dengan memproduksi tahu ini pak?

Narasumber : kalau pabrik yang ini ya punya saya pribadi, awalnya ya karna dahulu itu ya sudah didiskusikan masyarakat setempat seperti ada nya pabrik kedelai, kemudian saya pabrik tahu yang bahan utamanya kedelai dari pabrik kedelai tadi itu terus nanti kita jual ke pasar pasar gitu, jadi ya buat saling menguntungkan gak sendiri gitu, kalua pabrik ini memang saya sendiri pribdi karna pabrik disini itu ya perorangan, jadi ada beberapa pabrik tahu yang lainnya juga didesa sini tidak saya sendiri tapi ya gitu pabrik disini itu perorangan.

Pewawancara : Kenapa bapak sendiri memilih untuk memporduksi tahu?

Narasumber : saya milih memproduksi tahu ya karena memang bahan utama nya tidak susah dicari jadi saya mau manfaatin bahan lokal yang mudah, saya juga biar nanti anak saya melanjutkan usaha ini kan bahan yang mudah dan cara pembuatan keterampilan juga tidak susah.


DOKUMENTASI

Dokumen pribadi

Dokmumen pribadi

                  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline