Lihat ke Halaman Asli

feby eryanti

mahasiswa

Menganalisis Bisnis Laundry Kiloaan

Diperbarui: 29 Juni 2024   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN
Pakaian bersih adalah sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan. Namun di tengah kesibukan yang padat ada banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci baju dimana kebutuhan akan baju bersih dan rapi tetap harus tersedia. Untuk itu hadirlah Pilih Laundry, jasa laundry yang memberikan jasa cuci baju hingga setrika yang dapat menjadi solusi bagi mereka yang tidak punya waktu untuk mencuci karena berbagai alasan seperti kesibukan. Selain pilihan layanan laundry yang beraneka ragam, tarif jasa laundry yang ditawarkan juga cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Berbagai service tambahan juga tersedia seperti layanan pick up dan delivery sehingga customer hanya perlu diam di rumah dan menghubungi contact layanan Pilih Laundry. Nama Pilih Laundry sendiri dipakai agar Pilih Laundry menjadi laundry pilihan masyarakat.


Pilih Laundry juga memilih lokasi yang dekat dengan area kampus sehingga banyak rumah kos di sekitarnya yang tentu saja dapat menarik minat para pengguna kos yang notabene mahasiswa yang selalu di sibuk kan dengan tugas kuliah dan kegiatan lainnya. Pilih Laundry juga telah mempersiapkan market plan yang kiranya akan mempermudah model bisnis Pilih Laundry sehingga lebih terarah serta mempersiapkan berbagai rencana bisnis alternatif untuk mengurangi resiko kerugian yang bisa terjadi.


1.2 Konsep Usaha
Pilih Laundry menggunakan konsep Usaha seperti jasa laundry pada umumnya dengan tambahan layanan jasa pick up dan delivery gratis untuk range area tidak lebih dari 3 km. Selain itu Pilih Laundry juga menyediakan membership untuk mendapatkan diskon 10% per transaksi.
1.3 Visi Misi
Memberikan kemudahan untuk berbagai kebutuhan cuci mencuci pakaian dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

GAMBARAN UMUM DAN RENCANA USAHA
Memberikan produk pelayanan jasa cuci laundry pakaian kemudahan untuk berbagai kebutuhan cuci mencuci pakaian dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Menyediakan layanan pencucian, pengeringan, dan penyetrikaan yang memuaskan pelanggan dengan hasil yang bersih, rapi, dan wangi, jumlah pelanggan yang meningkat dan kami juga memperluas area pelayanan,sumber daya manusia baik melalui ekspansi fisik atau layanan antar-jemput. 

Keuntungan finansial melalui pengelolaan yang efisien dan pengembangan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kami juga dapat meraup keuntungan sesuai dengan target pasar untuk mengembalikan modal usaha kami bahkan sudah bisa mencapai hasil keuntungan lebih dari modal usaha. Memastikan pelanggan puas dengan layanan yang diberikan, sehingga mereka menjadi pelanggan tetap dan merekomendasikan jasa laundry kepada orang lain


2. Analisis Usaha
 1. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) adalah alat yang berguna untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu bisnis. Dengan analisis SWOT ini, usaha laundry dapat mengidentifikasi strategi yang tepat untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang, serta mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada.Berikut adalah analisis SWOT untuk usaha laundry :


A. Strengths (Kekuatan)
1. Layanan yang Dibutuhkan Secara Berkelanjutan
Laundry adalah kebutuhan rutin bagi banyak orang, terutama di daerah perkotaan dengan populasi yang sibuk.


2. Kualitas Layanan
Jika menawarkan kualitas layanan yang tinggi dengan hasil cucian yang bersih dan rapi, pelanggan cenderung akan kembali.


3. Lokasi Strategis
Berada di dekat pemukiman, kampus, atau area perkantoran memberikan akses mudah bagi pelanggan.


4. Layanan Tambahan
Menawarkan layanan tambahan seperti dry cleaning, setrika, dan antar-jemput dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.


5. Operasional yang Terstruktur
Proses pencucian, pengeringan, dan penyetrikaan yang efisien dan terorganisir dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline