Lihat ke Halaman Asli

Feby Alhadi Afisha

sedang belajar menulis

Menonton Film, Sarana yang Cocok untuk Menaikkan Mood dan Menghilangkan Stress

Diperbarui: 16 Maret 2021   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menonton film merupakan salah satu hobi dari banyak orang, cara ini adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan stress serta menaikkan mood bagi Sebagian orang. 

Selama masa pandemi pada setahun belakangan ini yang menganjurkan kita untuk tetap dirumah saja tentunya membuat kita merasa sangat bosan dan perlu beberapa kegiatan yang menyenangkan. Menonton film salah satu sarana yang pas untuk kita menyegarkan pikiran, selain caranya yang mudah dan dapat dilakukan dimana saja karena zaman sekarang sudah serba online, maka banyak digital platform dan media-media yang menyediakan fasilitas untuk menonton film mulai dari yang berbayar sampai dengan yang gratis sekalipun tergantung dari fim itu sendiri.

Sejak adanya pandemi ini, bioskop yang dulunya merupakan salah satu tempat favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu luang serta bersenang-senang untuk menonton film kini sudah tidak bisa lagi, karena harus ditutup semantara waktu untuk mematuhi peraturan yang ada. Namun, itu semua tidak menghilangkan minat masyarakat untuk tetap menonton film. Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang sudah banyak disediakan aplikasi untuk menonton film seperti di bioskop. Jika kita ingin menonton film-film yang ditayangkan di beberapa aplikasi tersebut tentunya sebagian akan berbayar, apalagi film yang baru saja di produksi. Karena dengan begitu, kita dapat menghargai kualitas produksi film dengan tidak menonton bajakannya secara illegal.

Film mempunyai pesan-pesan di dalamnya dapat berbentuk apa saja tergantung dari misi film tersebut, kebanyakan pesan yang disampaikan tidak jauh dari kehidupan kita. Film juga dianggap sebagai media komunikasi yang ampuh bagi massa yang menjadi sasarannya, karena film dapat bercerita banyak hal dalam waktu yang singkat. Film juga bisa sangat mempengaruhi audiens, karena ketika menonton film kita seakan-akan bisa menembus ruang dan waktu yang dapat menceritakan kehidupan. Setiap film mempunyai cara pendekatan yang berbeda-beda dan setiap film mempunyai satu sasaran yaitu menarik perhatian orang terhadap muatan-muatan masalah yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak sekali genre film seperti horror, romance, comedy, thriller, action, dan masih banyak lagi lainnya. Setiap orang mempunyai genre film kesukaannya masing-masing, yang tentunya dapat menaikkan mood karena kita dapat ikut mengolah emosi yang dirasakan dari film tersebut. Fungsi utama dari film adalah untuk menghilangkan stress. Menurut Dr. Danks, jika melihat ke film lebih dalam, kita dapat merasakan manfaat terapeutik. Seorang psikoterapis di Sydney, Australia, Jillian Lynch mengatakan, "Film memberikan kesempatan bagi penonton untuk mengenali diri mereka melalui karakter atau bagian dari narasi film untuk menjalani perubahan."

Maka dari itu salah satu sarana untuk menghilangkan stress dan mengisi waktu luang di masa pandemi ini, kita dapat melakukannya dengan cara menonton film. Dari kegiatan tersebut kita dapat banyak menyerap energi positif serta banyak hal baru yang dapat kita ambil manfaatnya, karena tujuan dari film itu juga untuk menghibur penonton yang terbawa di dalamnya. Banyak pelajaran hidup yang disampaikan dari berbagai macam film, karena kebanyakan film itu akan relate dengan kehidupan kita. Selain itu banyak manfaat yang bisa kita ambil seperti, meningkatkan imajinasi, baik untuk kesehatan otak, serta membuat fikiran kita terasa lebih segar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline