Lihat ke Halaman Asli

Durian Parung yang Tersisih

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jika anda salah satu pecinta buah durian,pasti tidak asing dengan berbgai jenis durian lokal asal bogor. seiring dengan pertumbuhan penduduk, kebun durian semakin menghilang berubah menjadi permukiman. produksi durian lokal bogor pun tak lagi banyak. bahkan,beberapa jenis dintaranya mulai sulit ditemukan. sekalinya musim durian, durian lokal bogor itu pun jadi buruan. salah seorang pedagang durian parung, yudistira(31) mengatakan durian parung termasuk durian yang mulai sulit ditemukan.

"setahun hanya panen sakali,biasanya di bulan februari hingga maret. produksi nya juga tidak sebanyak dulu,"ucap yudi. diakui yudi, sebelum tahun 2000 an, durian parung sempat sangat terkenal bersama durian matahari dan durian rancamaya. durian asal parung menurut yudi, banyak di jajakan di sepanjang jalan raya parung kabupaten bogor. bedanya, dulu durian yang dijual hampir semuaya durian parung.namun, sekarang sudah mulai di dominasi oleh durian asal sumatra maupun durian import lain nya.

Durian parung dikenal karena rasa daging buah nya yang lebih legit, manis tapi tidak terlalu giung, serta berbiji kecil. sayang nya, durian parung sedikit lebih lembek sehingga bisa membuat penikmat nya belepotan. pedagang durian asal parung lain nya, slamet mengatakan, meski memiliki daging buah yang tebal, dan rasa yang lebih legit durian parung sulit di olah menjadi es krim durian atau semacam nya. apalagi, bau durian parung tidak semenusuk durian asal sumatra.

Menurut slamet, dulu hampir semua warga parung memiliki pohon durian. namun sekarang, tinggal sedikit bahkan, kebanyakan warga parung tidak lagi mencari penghasilan dari bidang pekebunan melainkan usaha lain seperti buruh pabrik dan pertukangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline