Lihat ke Halaman Asli

Rekreasi Plus-Plus: Bermain dan Belajar Pertanian dengan Asik

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sudah sejak lama kampus IPB Darmaga yang terletak di kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor menjadi daya tarik terendiri bagi warga sekitar untuk melepas penat selama sepekan beraktivitas.

Hal ini pun tidak hanya berlaku bagi warga saja, mahasiswa pun ternyata juga merasakan hal yang sama, rekreasi di kampus. Ya, mungkin terdengar agak aneh, rekreasi di kampus. Kampus adalah tempat kita kuliah di mana kita merasa tertekan dengan tugas dan praktikum. Tetapi, IPB ternyata memberikan notasi yang berbeda soal kampus. Kampus tak hanya jadi tempat kuliah tetapi juga sebagai tempat rekreasi, tempat yang nyaman untuk semua orang, tak terkecuali anak-anak.

Banyak sekali spot-spot yang bisa dijadikan tempat wisata yang nyaman untuk keluarga dengan gratis tentunya. Seperti halnya di pelataran lingkar GWW, gymnasium, lapangan rektorat, taman rektorat, lapangan dekat garasi bus IPB, dan masih banyak lagi. IPB tidak mengelola tempat-tempat ini karena ini bukan tempat rekreasi yang sebenarnya. Tempat rekreasi yang sebenarnya justru lebih privat lagi dan tak biasa. tempat-tempat yang dikelola oleh IPB untuk dijadikan spot rekreasi biasanya digunakan juga oleh mahasiswa. Bisa laboratorium, kandang, kolam, kebun bertanam, dan lain-lain.

IPB menamai rekreasi ini sebagai agroedutourism yang merupakan gabungan dari agro yang artinya pertanian, edu yang artinya pendidikan, dan tourism yang artinya wisata. Jadi, agroedutourism adalah rekreasi sambil belajar bertani, seperti itu kurang lebihnya. IPB telah merancang hal ini sejak tahun 2005. Agroedutourism IPB memiliki lebih dari 20 lokasi pilihan tempat untuk berpetualang. Kawasan IPB Darmaga ini memiliki luas lebih dari 230 ha. Wajar saja jika mahasiswa IPB sendiri pun tidak begitu hafal dengan kampusnya sendiri.

Kebanyakan yang berkunjung di agroedutourism IPB ini adalah siswa sekolah mulai dari TK, SD, sampai SMA. Dengan beragam sumberdaya hayati IPB yang eksotis dan hijaunya kampus, membuat pengunjung betah berlama-lama berada di IPB. Bahkan, berkeliling kampus menjadi hal yang tak ‘kan pernah membosankan terutama bagi mahasiswa IPB sendiri. Untuk dapat berkontak langsung dengan pihak agroedutourim IPB, buka saja websitenya di agroedutourismipb.multiply.com. Pertanian tak selamanya seperti apa yang anda bayangkan. Temukan indahnya pertanian hanya di kampus Institut Pertanian Bogor.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline