Lihat ke Halaman Asli

MYULIANTO EKA FEBRIYONO

MAHASISWA MANAJEMEN UNTAG SURABAYA

Mahasiswa Untag Surabaya Membuat Kemasan pada Produk Kebab Pisang Dess Kepel

Diperbarui: 14 Januari 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : Sosialisai Kemasan Produk

Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa prodi manajemen UNTAG Surabaya. M.Yulianto Eka Febriyono yang terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan penyuluhan branding produk UMKM. Melalui pembuatan Kemasan Produk ini harapannya mampu meningkatkan nilai tambah bagi pelaku UMKM di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Berawal dari observasi awal oleh mahasiswa KKN UNTAG melaksanakan UMKM di Desa Kepel Kabupaten Madiun betapa kurangnya pada tampilan kemasannya sangat berpengaruh terhadap daya tarik pembeli pada setiap usaha tersebut. Febri selaku mahasiswa UNTAG yang sedang melaksanakan kegiatan KKN memilih mengajarkan kepada Ibu-ibu untuk mengerti tentang Kemasan yang sangat berpengaruh untuk daya tarik pembeli dan menjadikan tampilan kemasan menjadi lebih bagus.

Hal ini juga mendapat respon positif oleh pelaku UMKM. Bu Tri Puji L ketika ditemui menyapaikan bahwa "Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa telah membantu pembuatan Kemasan Kebab Pisang Yang Sangat Simpel Ini". Kegiatan ini juga bertujuan agar pelaku UMKM juga dapat menggunakan kemasan yang sangat simpel ini namun sangat tren di kalangan milinial ini ketika hendak menambahkan varian produk.

Program ini bertujuan membantu memperbaiki tampilan pada kemasan usaha UMKM. Adapun beberapa mitra yang dilibatkan dalam hal ini yaitu para UMKM keripik tempe, keripik tales, keripik pisang.

Dalam sebuah desain kemasan, seorang desainer tidak dituntut untuk membuat kemasan yang menarik saja dan bagus secara visual, namun sebuah kemasan tentunya harus memiliki sebuah nyawa yang mana nyawa tersebut membuat sebuah desain tidak mudah dilupakan namun mudah diingat dan diidentifikasi.

Dalam meningkatkan penjualan dari produk UMKM dan para pelaku usaha dapat kembali melihat bagaimana kemasan mereka di pasaran, tidak hanya meningkatkan pada hal marketing saja tetapi ternyata sebuah desain kemasan dapat menjadi daya tarik secara visual untuk menarik target atau sasaran penjualan para pelaku UMKM dan UKM.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline