Lihat ke Halaman Asli

Febrinaya Kezia Zebua

Universitas Andalas

Budaya K-Pop yang Mendunia

Diperbarui: 4 Januari 2024   17:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.  The Best K-Pop Comebacks www.kkday.com

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern dan teknologi yang semakin pesat serta diiringi dengan perkembangan media sosial dan internet yang memudahkan kita untuk mengakses berbagai informasi, berkomunikasi, serta dapat melihat dan mengetahui dunia luar tanpa harus berkunjung ke negara tersebut. Teknologi yang pesat tidak hanya menyebarkan informasi yang cepat saja, tetapi memudahkan penyebaran mengenai budaya-budaya yang ada diseluruh belahan dunia. Pada saat ini penyebaran media massa yang sangat populer adalah budaya K-POP, seperti yang sudah kita ketahui bahwa budaya K-POP semakin mendunia, umumnya dikalangan remaja.

Fenomena hiburan budaya Korea Populer atau yang dikenal dengan sebutan K-POP memang sedang mewabah dimana-mana, mulai dari makanan, musik hingga fashion menjadi tren hampir di seluruh dunia saat ini. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Hallyu Wave atau Korean Wave.

Seperti apa itu Hallyu Wave yang akhirnya membuat budaya Korea Populer tersebut mudah diterima masyarakat di banyak negara? Hallyu Wave merupakan istilah bagaimana pengaruh budaya Korea yang mempengaruhi keberadaan budaya negara-negara lain. Hallyu Wave menjelaskan bagaimana popularitas penyebaran diaspora budaya dan produk dunia hiburan Korea Selatan secara besar melalui produk-produk hiburan, seperti K-POP Boy/Girlband dan Drama Korea atau Drakor.

Gambar 2. These Are The 20 Most-Performed Songs At BTS's Concerts www.koreaboo.com

Belakangan ini budaya K-POP juga semakin mewadah khususnya dikalangan remaja yang tidak hanya mengagumi genre musiknya saja, tetapi segala hal yang berhubungan dengan Korea sangat menarik perhatian dikalangan remaja. Banyak para remaja terobsesi dengan hal-hal yang berhubungan dengan Korea, sehingga mereka tidak terlalu tahu mengenai dunia entertainment Indonesia, justru mereka lebih terfokus dengan perkembang dunia entertainment yang ada di Korea.

Mereka menggangap dengan mengikuti perkembangan tersebut sejalan dengan modernitas yang sedang marak-marak nya terjadi saat ini. banyak dari mereka yang memilih untuk mengikuti fashion ala Korea, mempelajari tulisan dan bahasa Korea, sehingga mereka kurang mempelajari bahasa daerah nya sendiri.

Pengaruh budaya K-POP dikalangan remaja ini bertujuan untuk tidak mengidolakan budaya K-POP secara berlebihan, agar remaja Indonesia tidak melakukan hal yang menyimpang. Masuknya budaya K-POP memberikan dampak negatif terhadap remaja salah satunya yaitu membuat remaja Indonesia lupa waktu dan mencintai budaya luar daripada mencintai budaya nya sendiri, meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap musik, kreativitas, ketertarikan masyarakat untuk mempelajari budaya, bahasa, dan trend dari Korea sehingga hal tersebut dapat memperluas wawasan yang dimiliki negara lain.

Karena kemajuan teknologi dan transportasi serta banyaknya penggemar grup musik Korea yang sering melakukan konser di Indonesia, tentu saja akan menarik media masa untuk meliput, ini bisa menjadi ajang untuk mempromosikan Indonesia ke dunia luar, menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan begini, dapat mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan serta menambah devisa negara.

Dibalik dampak positif tentu adanya dampak negatif yaitu terjadinya pergeseran budaya dan akhlak yang amat signifikan, apatis terhadap kebudayaan bangsa sendiri, mengubah pola pikir generasi muda untuk selalu meniru segala aspek-aspek dari budaya Korea. Atas nama globalisasi dan modernisasi yang mendorong generasi muda untuk menganut kehidupan yang liberalisditengah krisis sosial yang terus menghancurkan sedikit demi sedikit identitas budaya nasional.

Kita tidak dapat menyalahkan budaya K-POP yang melanda negara kita, sehingga negara kita mengalami perubahan, tetapi perlu kita ketahui bahwa setiap negara akan mengalami perubahan seiring berkembang nya zaman, tetapi semuanya ada ditangan masyarakat, karena masyrakat lah yang menetukan kemana arah jalannya ingin berubah ke arah yang lebih baik atau buruk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline