Proses pembelajaran yang berubah dari tatap muka ke PJJ pada saat pandemi dan sekarang berubah lagi dari PJJ ke tatap muka saat kita sudah berdampingan dengan situasi yang baru, yang sekarang kita sebut new normal.
Perubahan perubahan ini berdampak langsung kepada peserta didik, pendidik dan orangtua.
Bagaimana tidak, semua shock dengan banyaknya hal hal baru yang harus disesuaikan dengan cepat.
Perkembangan teknologi yang berkembang cepat namun tidak dibarengi dengan perkembangan kemampuan cakap digital dari penggunanya.
Perubahan perubahan ini berdampak pula pada perkembangan karakter anak di masa pandemi.
Teori behaviorisme, perspektif pembelajaran behaviorisme adalah psikologi perilaku. Artinya, apapun yang dilakukan manusia, baik pikiran, tindakan dan perasaan itu semuanya adalah perilaku yang dapat diamati (Subakti, et al, 2022).
4 tokoh penggagas teori behaviorisme, yaitu:
Ivan Pavlov (Classical Conditioning)
Edward L. Thorndike (Instrumental Conditioning)
John B. Watson (Emotional Conditioning)
Burrhus Frederic Skinner (Operant Conditioning)