Lihat ke Halaman Asli

Febrianti Isnaini

A psychology student

Marak Terjadinya Cyber Crime, Mahasiswa UMM Melakukan Edukasi Terkait Literasi Digital Melalui Live Instagram!

Diperbarui: 13 Oktober 2021   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Pandemi COVID-19 merupakan hal yang sangat meresahkan bagi siapapun pada saat ini. Bagaimana tidak, keterbatasan ruang gerak seperti tidak dapat belajar di ruang kelas secara offline, tidak dapat bekerja dikantor bahkan tidak dapat berbelanja di pasar secara bebas  membuat masyarakat merasa tidak dapat melakukan aktifitas mereka seperti sedia kala. Hal inilah yang membangun para mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Malang untuk melakukan sebuah gerakan “Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)” dengan bentuk edukasi melalui platform online. Kelompok 17 PMM yang tergabung dalam Gelombang 13 ini beranggotakan 3 mahasiswa dan 2 mahasiswi. Mereka memanfaatkan ruang digital yaitu Instagram sebagai medianya. Melalui akun instagram @literia.id, mereka memberikan edukasi terkait literasi digital dengan urgensi yang terbangun ialah marak terjadinya penyebaran hoax dan meningkatnya cyber crime di masa pandemi ini.  Dengan harapan, konten-konten yang ada nantinya dapat mengurangi terjadinya penyebaran hoax juga kejahatan ruang digital di dalam dunia maya atau media sosial. Sehingga masyarakat dapat menggunakan dan memanfaatkan media sosial sebagai wadah mereka untuk berkarya, berkomunikasi hingga bekerja dengan lebih baik dan bijak lagi.

Sub tema yang disebarkan oleh akun @literia.id sangat beragam. Mulai dari pengertian literasi digital, macam-macam kemahiran dari literasi digital, tips dan trick menghindari berita hoax maupun konten negatif hingga prinsip dasar pengembangan literasi digital itu sendiri. Konsep dari akun @literia.id sendiri dibuat dengan tidak monoton, melainkan dengan cara yang lebih menyenangkan seperti memberikan mini-games maupun teka teki silang dengan tujuan agar materi yang disampaikan bisa lebih mudah diterima oleh para pengikut dari akun @literia.id.

Selain itu, mengingat adanya kebebasan di dalam ruang digital, seperti kemudahan mengakses media sosial, pemberian edukasi terkait literasi digital memang seharusnya dilakukan sejak dini. Oleh sebab itu, Kelompok 17 yang merupakan tim dibalik akun @literia.id juga melakukan penyuluhan ke beberapa sekolah yang terletak di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Pemberian edukasi dikemas lebih menarik dan disesuaikan dengan para siswa yang selanjutnya akan disebarkan dalam bentuk link youtube, dengan tujuan agar lebih mudah diterima dan di akses oleh para siswa hingga masyarakat umum. 

Kelompok 17 menutup kegiatan mereka dengan melakukan sebuah webinar semi formal dengan tema “Say No To Cyber Crime ; #KesehatanMentalDiEraDigital” yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 15.00 – 16.00 WIB dan memanfaatkan fitur Live Instagram melalui akun @literia.id dengan tujuan agar masyarakat dari berbagai kalangan usia pun tetap dapat ikut menikmati kegiatan ini. Webinar ini akan diisi oleh seorang pemateri yang merupakan dosen psikologi Univesitas Muhammadiyah Malang juga ahli dalam bidang kesehatan mental dan narasumber yang merupakan seorang influencer dengan jumlah pengikut sebanyak 34 ribu. Tema yang diambil pun dari realita yang dialami oleh narasumber. 

Makanya, pantengin akun instagram @literia.id terus ya! Jangan lupa juga untuk menyaksikan webinar semi formal yang mereka adakan. Karena, katanya akan ada mini-giveaway bagi para pengikut setia dari akun @literia.id loh. Jangan sampai ketinggalan!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline