Lihat ke Halaman Asli

Febrian Muhamad Satriya Wibowo

Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Urgensi Literasi Kesehatan Mental bagi Generasi Milenial di Era Digital

Diperbarui: 13 Oktober 2023   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Kelompok 3 Kelas Kesehatan Mental F

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gimana sih mengetahui kesehatan mental yang optimal ?

Kesehatan mental yang optimal yaitu ketika pikiran dan perasaan kita berada dalam kondisi yang stabil dan damai, yang memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai hubungan kita dengan orang lain di sekitar kita. Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik dapat mengoptimalkan potensi dirinya untuk menghadapi berbagai tantangan yang muncul dalam kehidupan, dan juga mampu membina hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitarnya (KemenKes RI, 2018).

 Nah kenapa sih literasi kesehatan mental itu penting?

Menurut Kurniawati (2023) diharapkan bahwa literasi tentang kesehatan mental akan mengembangkan pemahaman masyarakat mengenai gangguan mental dan mengurangi stereotip negatif yang ada, sehingga kesenjangan dalam aspek sosial, layanan pengobatan, serta dukungan bagi individu yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat diminimalkan, dan jumlah penderita gangguan mental dapat berkurang.

Selain itu, dengan adanya literasi kesehatan mental dapat membantu setiap individu dalam beberapa aspek menurut (Handayani dkk, 2020) diantaranya;

  1. Individu dapat mengetahui bagaimana cara mencegah gangguan mental
  2. Individu dapat mengetahui kapan suatu gangguan mental itu berkembang
  3. Individu dapat mengetahui tentang pengetahuan pertolongan dan perawatan yang berkaitan dengan kesehatan mental
  4. Individu dapat mengetahui tentang pengetahuan strategi pertolongan mandiri yang ringan
  5. Dan individu dapat mengetahui pertolongan pertama dalam mendukung orang sekitar yang berada dalam gangguan kesehatan mental.

Kenapa sih kita harus menjaga kesehatan mental?

Menjaga kesehatan mental sangat penting karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang baik dapat memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan, membuat seseorang merasa lebih damai, berpikir lebih jernih, dan meningkatkan hubungan baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, menjaga kesehatan mental juga dapat membantu seseorang menyikapi masalah dengan baik, berinteraksi dengan baik, meningkatkan konsentrasi, dan membantu menghadapi tantangan keseharian. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Menjaga kesehatan mental dapat membantu seseorang menjadi lebih produktif dan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan fisik

Lalu apa urgensi literasi kesehatan mental bagi generasi milenial?

  1. Mengurangi Stigma. Pastinya dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mental, generasi milenial dapat membantu mengurangi stigma yang masih melekat pada masalah mental. Mereka dapat menjadi advokat penting untuk membuka pembicaraan yang lebih terbuka tentang kesehatan mental.
  2. Dampak pada Generasi Selanjutnya. Generasi milenial yang memiliki literasi kesehatan mental yang baik dapat memainkan peran penting dalam mendidik anak-anak mereka tentang pentingnya kesehatan mental, membawa dampak positif pada generasi selanjutnya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline