Lihat ke Halaman Asli

Kemunculan Bahasa Gaul Membuat Kelunturan pada Bahasa yang Baku

Diperbarui: 14 Maret 2023   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Munculnya Bahasa Baru Yang Ada Di Indonesia

 

Muncul nya bahasa baru yang sekarang berada dikalangan para masyarakat yang memuat pro dan kontra dikarenakan bahasa baru ini bisa dibilang bahasa gaul yang tidak semua orang bisa menerima bahasa tersebut karna dinilai tidak adanya kebakuan dalam bahasa tersebut. Tak semua warga Indonesia mengerti bahasa gaul tersebut karena bahasa gaul pada umumnya digunakan oleh kalangan para remaja saja yang biasa merasa bahwa mereka adalah remaja yang modern dan gaul maka itu mereka menciptakan kata-kata gaul untuk kehidupan mereka.

Maka dari itu pentingnya untuk masyarakat modern ini untuk lebih belajar mengetahui bahasa Indonesia yang benar dan baku,tidak hanya baku tetapi sopan dan jelas untuk dikomunikasikan setiap harinya. Bahasa sendiri adalah alat komunikasi manusia dengan manusia yang lain, bahasa gaul telah ada dan tercipta baru-baru ini saat social media sudah mulai ada dan digunakan oleh masyarakat pada saat itu masyarakat sudah mulai lupa akan bahasa mereka yaitu bahasa Indonesia yang baku.

Bahasa gaul menyelipkan bahasa-bahasa asing yang cenderung dianggap masyarakat sebagai bahasa zaman modern yang kekinian,telah banyak sekali bahasa-bahasa gaul yang telah masyarakat gunakan yaitu ada kata "Anjay" kata ini sering kali digunakan oleh para remaja yang biasanya sedang berbicara dengan lawan bicara mereka. Tetapi pada kata tersebut mempunyai arti yang tidak sopan Anjay sendiri sempat menjadi perbincangan di social media karena adanya seorang influencer yang melarang masyarakat menggukan kata-kata ini dikarena kata-kata ini kurang sopan untuk didengar. Tetapi justru malah masyarakat menentang tentang larangan penggunaan kata tersebut.

Adapun pengaruh dari bahasa-bahasa gaul ini selain bahasa ini tidak baku dan tidak jelas,bahasa gaul ini berdampak buruk bagi kelestarian bahasa yang sudah diatur pada zaman yang sudah lama khususnya juga berdampak negatif untuk penataan dan penggunaan dalam kosakata bahasa.

Maka dari itu kita sebagai warga Negara Indonesia harus menjunjung tinggi bahasa yang benar dan baku agar semua keturunan manusia dapat mewarisi bahasa yang baik dan benar.

Nama: Febriana Natasya

Prodi: Hukum

NPM: 222000002

Tugas bahasa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline