Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Evaluasi dalam Dunia Pendidikan

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Guru adalah sosok yang sangat penting di dalam dunia pendidikan dan sangat memiliki peran yang sangat penting untuk membuat seseorang memiliki kepribadian baik yang akan berguna untuk bekal hidup seseorang tersebut . Oleh karna itu para guru harus mampu bekerja dengan profesional agar para siswa dan siswi nya bisa menjadi orang yang berguna untuk orang lain . Guru yang mengajar mata pelajaran Sosiologi adalah guru yang mempunyai hubungan dengan kehidupan para siswa karna Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat .

Seorang guru Sosiologi tentunya mengtahui tentang tata cara hidup bermasyarakat dengan cara yang baik dan benar . Apa saja kah tahapan yang di perlukan untuk menjadi guru Sosiologi yang profesional? Ya tentu saja untuk menjadi seorang guru yang profesional seorang guru harus mampu menjalankan kode etik seorang guru dengan benar , karna jika seorang guru tidak menjalankan kode etik dengan baik maka seorang guru akan di ragukan kompetensinya dalam mengajar dan mendidik para peserta didik . Menjadi seorang guru yang profesional juga harus mampu mengevaluasi dengan baik agar proses belajar dan sekolah tempat nya mengajar mempunyai nama yang baik di antara sekolah yang lain .

Bagaimanakah guru Sosiologi yang saya temukan dulu ketika SMA? Sudahkah dia mampu mengevaluasi dengan baik? Menurut saya guru Sosiologi yang saya temukan pada saat SMA belum mampu menjalankan evaluasi dengan baik . Karna pada saat proses pembelajaran di mulai guru tersebut belum menguasai konsep dengan baik . Hal yang membuat guru tersebut tidak memahami konsep dengan baik adalah karna guru tersebut memiliki latar belakang yang bukan asli jurusan Sosiologi tetapi memliki jurusan Agama . Tentu saja saya dulu ketika SMA tidak dapat memahami dengan pasti pelajaran yang saya dapat ketika SMA .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline