Mahasiswa ilmu komunikasi universitas negeri malang melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan seminar dengan tema "Optimalisasi Digital Branding dalam mempromosikan wisata ramah lingkungan" di Kampung Terapi Hijau, Sukun, Kota Malang
Ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu tugas akhir semester mata kuliah wawasan dan praksis ilmu sosial, dimana mereka harus melakukan pengabdian masyarakat untuk memecahkan masalah sosial yang ada dan kebetulan saat itu mereka mendapatkan informasi bahwa tempat wisata ini membutuhkan seminar atau pelatihan branding untuk mengangkat kembali nama kampung terapi hijau ini.
Di era digital sekarang branding digital sangat diperlukan bagi para pengelola tempat wisata. Salah satu diantaranya adalah Kampung Terapi Hijau yang dulunya banyak dikunjungi dan dikenal dengan wisata ramah lingkungan karena lingkungannya yang bersih walaupun berada di permukiman yang padat. Tetapi semenjak covid 19, sudah hampir tidak ada wisatawan yang berkunjung sehingga branding dari tempat ini mulai hilang.
Seminar ini dilakukan pada hari Minggu, 8 Desember 2024 pada pukul 15.00 sampai dengan 17.00. Walaupun dengan waktu yang cukup singkat tapi masyarakat kampung terapi hijau berkata hal ini cukup membantu mereka untuk membangun branding digital yang baik dan strategi apa saja yang perlu diterapkan.
Pak Gatot selaku Ketua RW mengatakan bahwa dengan adanya seminar yang dilakukan mahasiswa ilmu komunikasi tentang branding digital ini dapat mengangkat kembali nama dari kampung terapi hijau sehingga ramai dikunjungi seperti dulu lagi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H