Lihat ke Halaman Asli

Permanu Kreatif: Komoditas Lokal Siap Jadi Andalan

Diperbarui: 2 Juli 2021   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Singkong merupakan salah satu komoditas lokal di Desa Permanu, Kabupaten Pakisaji, Kabupaten Malang. Singkong disana cukup melimpah disamping hasil utama yaitu padi dan tebu.

Namun, harganya yang sangat murah membuat warga hanya mengolahnya dengan tujuan konsumsi pribadi yaitu direbus, digoreng, atau sebatas dijadikan keripik.

Permasalahan tersebut menarik perhatian sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok 42 program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) untuk memberikan solusi.

Solusi yang ditawarkan yaitu mengolah singkong yang ada menjadi produk pangan yang sedang naik daun dikalangan muda-mudi saat ini yaitu dessert box.

Hal tersebut direalisasikan dalam kegiatan sosialisasi dan praktek pengolahan pangan bersama ibu-ibu Desa Permanu yang sedang menekuni wirausaha atau UMKM, pada tanggal 28-29 Juni 2021 dirumah salah satu warga.

Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat menumbuhkan minat berwirausaha masyarakat, semakin termotivasi, serta mendorong agar lebih inovatif dengan memanfaatkan komoditas lokal.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline