Di era kontemporer ini, hampir tak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap orang pasti mengkonsumsi media sosial, terutama bagi orang-orang yang mempunyai fasilitas pendukung seperti gawai dan internet.
Namun yang pasti, setiap orang memiliki beragam motivasi dalam menggunakan media sosial. Misalnya saja untuk berkomunikasi dengan orang lain, mencari atau berbagi informasi akan sesuatu ataupun sebagai sarana untuk menunjukkan eksistensi diri.
Selain itu, media sosial juga adalah tulang punggung distribusi informasi di setiap lembaga baik lembaga pemerintah maupun swasta atau pun perusahaan publik dan enterprise.
Dewasa ini, kehadiran lembaga, perusahaan dan manusia sulit dipisahkan dari keberadaan dan peran sosial media. Sosial media menjadi satu-satunya sarana yang paling digandrungi saat ini agar semua informasi yang sudah, sedang dan akan terjadi dapat sampai ke publik secara luas dan masif.
Bagi sebagian orang, kehadiran sosial media dapat dimanfaatkan untuk mempermudah hidupnya dalam banyak kondisi seperti belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja dan lain sebagainya.
Tak pelak, kehadiran media sosial yang masif saat ini --- suka tidak suka, mau tidak mau --- menambah daftar panjang perbendaharaan kata dalam kamus kita yakni dunia nyata dan dunia maya. Artinya, sekarang ini, pemahaman orang ditambahkan dengan istilah "dunia nyata" dan "dunia maya".
Pertanyaannya adalah apa itu dunia maya? Ini adalah sejenis dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya.
Kata kuncinya adalah: seseorang bisa saja menjadi sangat berbeda di kehidupan dunia maya dibandingkan dalam dunia nyata, mulai dari pemikirannya, gaya hidupnya dan lain sebagainya.
Dalam kehidupan dunia nyata, seseorang bisa saja terlihat pendiam, sulit menyuarakan pemikirannya, namun dalam dunia maya, ia bisa saja berlaku dan bertindak sebaliknya.
Reputasi Media
Urusan yang berhubungan dengan media, baik media mainstream (arus utama) maupun media sosial adalah segala ihwal yang menyangkut persepsi atau cara pandang.