Lihat ke Halaman Asli

Sorbet, "Es Krim" Rendah Kalori

Diperbarui: 4 April 2017   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sorbet Stroberi

Diet, tapi bosan dengan menu yang itu-itu saja? Ingin menyerah? Ingin teriak? Eits, tahan dulu. Ada sorbet yang akan menghibur Anda!

Pernahkah Anda melihat wujud dari sorbet buah? Belum, maka lihatlah gambar berikut ini.

[caption id="" align="aligncenter" width="276" caption="Sorbet Stroberi"][/caption]

Seperti yang terlihat di atas, sorbet memanglah sangat menyegarkan dan nikmat untuk disantap, siap diserang. Tapi mengapa namanya sorbet bukan es krim? Apakah sama dengan gelato? Mari kita bahas.

Seperti yang kita ketahui, es krim adalah jenis panganan yang dibekukan pada suhu sangat rendah (minus 18-20 derajat Celcius) dan terbuat dari krim, susu, gula, kadang kuning telur, serta buah atau penambah cita rasa lain sehingga tekstur yang dihasilkan sangat halus dan creamy. Komposisi gelato sangat mirip dengan es krim, tetapi memiliki kalori yang lebih rendah dari es krim, dikocok lebih lambat, dan dibekukan di suhu yang sedikit lebih tinggi dari es krim (minus 10-15 derajat Celcius) sehingga teksturnya lebih padat dan sangat lembut. Sedangkan sorbet dibuat tanpa menggunakan susu, krim, maupun kuning telur. Sorbet terbuat dari jus buah (dengan atau tanpa gula) atau larutan rasa buah yang dibekukan. Di beberapa negara sorbet diberi tambahan, yaitu alkohol.

Sorbet rendah kalori

Sorbet tanpa gula dapat Anda buat tanpa mengurangi cita rasanya, sangat cocok untuk Anda yang berdiet atau memiliki masalah dengan gula.

Sorbet tanpa gula, yang berarti hanya mengandung buah dan air saja, memiliki kalori yang sangat rendah atau sering disebut zero calorie. Namun hal ini juga bergantung dari buah yang digunakan. Seperti pada alpukat, durian, pisang ambon, pisang cavendish, mangga, apel, dan sawo yang memiliki kalori masing-masing di atas 50 kalori per 100 gram. Buah-buahan tersebut dapat digunakan untuk pembuatan sorbet yang rendah kalori, tapi bataskanlah konsumsinya.

Buah-buahan yang sangat dianjurkan sebagai bahan utama sorbet adalah stroberi, tomat, dan semangka yang masing-masing hanya menyumbang kalori dibawah 10 per 100 gram buahnya.

Tanpa gula, apa tetap ada rasa manis?

Tenang saja, di dalam buah-buahan yang ada di seluruh muka bumi ini pasti terdapat kandungan pemanis alami yang khas, sekalipun itu buah cabai. Jadi sorbet yang dibuat tanpa gula tetap akan terasa manis. Bagi Anda penyuka manis, jangan khawatir. Ada madu murni yang siap membantu.

Mengapa madu murni?

Berdasarkan beberapa penelitian, madu murni memiliki kalori diatas 50 per 100 gramnya. Madu murni tidak akan menyumbangkan sepersen pun tambahan berat badan untuk Anda. Begitu dikonsumsi, madu akan melewati peredaran darah dan diserap secara perlahan sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula yang signifikan pada tubuh dan pastinya tidak akan menambah berat badan Anda. Mantap, kan?

Cara membuat sorbet

Bosan teori terus? Yuk, simak cara membuat sorbet di bawah ini.

Anda akan membutuhkan:

-250 gram Buah-buahan yang Anda inginkan

-500 ml air

-2 sdm jus lemon atau sari lemon

-2 sdm madu murni

Setelah semua siap:

-Bersihkan buah-buahan yang Anda inginkan tersebut. Potong kecil-kecil

-Haluskan buah-buahan tersebut sampai kandungan airnya keluar. Tambahkan air

-Tambahkan jus lemon atau sari lemon agar setelah dibekukan sorbet tidak menghitam

-Tambahkan madu murni untuk meningkatkan rasa manis

-Aduk seluruh bahan yang tercampur

-Bekukan 30 menit sampai 1 jam

-Keluarkan dari freezer, aduk campuran yang sudah beku hingga melarut karena suhu ruang (untuk tekstur yang lebih lembut, gunakan blender)

-Masukkan kembali campuran tersebut ke wadahnya. Bekukan hingga 3 jam

-Keluarkan lagi dari freezer, lakukan kembali hal yang sama seperti sebelumnya, lalu bekukan 7-8 jam atau semalaman

-Sorbet yang segar siap dinikmati!

Bagaimana, mudah bukan? Silahkan dicoba dan tunjukkan bahwa Anda sedang menjalani diet ataupun menjaga kesehatan Anda dengan cara yang menyenangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline