Lihat ke Halaman Asli

Febi Ramadani

mahasiswa

Kuliah Kerja Nyata di Desa Pasir Putih Menuai Banyak Pujian Dengan Tema Peduli Lingkungan

Diperbarui: 4 Maret 2023   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pembukaan KKN

Jakarta, Sabtu 04/03/2023 - KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Budi Luhur Semester Ganjil telah kembali dilaksanakan, mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur kelompok 40 melakukan Kuliah Kerja Nyata di kampung pasir putih desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. KKN yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Universitas Budi Luhur yang terbentuk dalam Kelompok 40 terdiri dari 10 orang dan dibimbing oleh dosen pembimbing yaitu bapak Joko Sutrisno, M.Kom. Kelompok 40 melaksanakan kegiatan yang mengambil tema "Peduli Lingkungan".

Kegiatan Pembukaan KKN

Dalam melaksanakan KKN di kampung Pasir Putih, Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Program KKN tersebut dilakukan untuk Menyadarkan Masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kegiatan KKN bertemakan peduli lingkungan sangat penting untuk mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Kegiatan Pembukaan KKN

Kampung Pasir Putih dikenal sebagai desa yang masih tergolong sangat pedesaan, dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani dan penjaga vila. Namun, meskipun masih terbilang kecil dan sederhana, desa ini memiliki potensi alam yang cukup besar dengan keindahan alam, hutan pinus dan air terjun yang mempesona. Sayangnya, potensi tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik dan kurangnya kesadaran dalam hal menjaga kebersihan lingkungan . Oleh karena itu, kegiatan KKN bertemakan peduli lingkungan sangat penting untuk mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka.


Kegiatan KKN di Kampung Pasir Putih diawali dengan melakukan survey dan observasi terhadap lingkungan sekitar. Setelah melakukan analisis, tim KKN kemudian merencanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain kampanye kebersihan lingkungan, kegiatan bersih-bersih lingkungan, sosialisasi cara pengelolaan sampah yang baik dan benar, Membuat Tempah Sampah Permanen, dan Membuat kerajinan dari sampah plastik. Adapun kegiatan diluar yaitu ikut berpartisipasi dalam acara Posyandu, dan senam sehat.

Kegiatan Posyandu

Kegiatan KKN kelompok 40 dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan lamanya yang dimulai pada tanggal 27 Januari 2023 - 25 Februari 2023. Kegiatan KKN bertemakan peduli lingkungan di Desa Pasir Putih, Kecamatan Gunung BunderII, berhasil memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat. Masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan merawat potensi alam di sekitar mereka. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Kampung Pasir Putih, Desa Gunung Bunder II Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan Sosialisai Sampah 

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN kelompok 40 kami Mahasiswa Universitas Budi Luhur meminta izin kepada pihak kampung Pasir Putih untuk melakukan beberapa kegiatan yang nantinya akan bermanfaat dan di setujui oleh Kepala desa setempat, serta di sambut antusias oleh warga atas adanya kegiatan KKN Universitas Budi luhur di Kampung Pasir putih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline