Peran guru, orang tua dan lingkungan sangat penting dalam proses belajar dan psikologi pendidikan peserta didik Berikut adalah penjelasannya:
Peran Guru
1. Seorang Guru atau pendidik dapat membangun motivasi dan minat belajar peserta didik.
2. Seorang Guru atau pendidik dapat melakukan pengembangkan keterampilan kognitif, afektif dan psikomotor pada peserta didik.
3. Seorang guru atau pendidik dapat melakukan pengelolaan emosi dan mengembangkan kesadaran diri peserta didik.
4. Seorang guru atau pendidik dapat membangun hubungan positif dan kepercayaan kepada peserta didik.
5. Seorang guru atau pendidik dapat mengidentifikasi kebutuhan individu dan memberikan bantuan bagi peserta didik.
Peran Orang Tua
1. Sebagai orangtua kita dapat membangun fondasi psikologi anak.
2. Sebagai orangtua kita dapat memberikan pengajaran nilai-nilai dan norma-norma kepada anak.
3. Sebagai orangtua kita dapat memberikan dukungan dan motivasi belajar pada anak.
4. Sebagai orangtua kita diharapkan dapat mengelola emosi dan mengembangkan kesadaran diri pada anak.
5. Sebagai orangtua kita harus bisa mengawasi perkembangan dan memberikan umpan balik pada anak.
Peran Lingkungan
1. Lingkungan dapat membentuk dan menciptakan perilaku dan nilai-nilai sosial pada diri anak.
2. Lingkungan dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosi pada anak.
3. Lingkungan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pada anak.
4. Lingkungan dapat menyediakan sumber belajar dan kesempatan pada anak.
5. Lingkungan dapat membangun ikatan sosial dan jaringan pada anak.
Keterlibatan Bersama
1. Komunikasi efektif antara guru, orang tua dan peserta didik.
2. Kerja sama dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
3. Pengembangan program pendidikan yang terintegrasi.
4. Pengawasan bersama terhadap perkembangan peserta didik.
5. Membangun lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung.
Manfaat
1. Meningkatkan hasil belajar dan prestasi akademik.
2. Mengembangkan keterampilan sosial dan emosi.
3. Meningkatkan motivasi dan minat belajar.
4. Mengurangi stres dan kecemasan.
5. Membangun hubungan yang positif dan kepercayaan.
Faktor yang Mempengaruhi
1. Kualitas hubungan guru-orang tua-peserta didik.
2. Ketersediaan sumber daya pendidikan.
3. Lingkungan sosial dan budaya.
4. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar.
5. Kualitas pengajaran dan kurikulum.
Jadi, Peran guru, orang tua, dan lingkungan itu sangat penting dalam proses belajar dan psikologi pendidikan. Kolaborasi yang efektif antara ketiga pihak tersebut dapat membantu didik mencapai potensi maksimal, mengembangkan keterampilan sosial dan emosi, serta meningkatkan hasil belajar dan kesejahteraan mental.
Referensi
Arikunto, S. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2015). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mudjijono. (2018). Lingkungan Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.