Lihat ke Halaman Asli

Lulu Tsamrotul Fuadah

22107030109 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Jangan Hanya Tertuju pada Label Mahasiswa Kura-kura! Mengapa?

Diperbarui: 12 Maret 2023   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fedukasi.okezone.com

Hai sobat Kompasiana, Apakah kamu tahu apa itu mahasiswa kura-kura? atau mungkin kamu tahu beberapa singkatan atau panggilan di kalangan mahasiswa? pastinya banyak singkatan atau label nama yang dibuat di kalangan mahasiswa atau mungkin kamu termasuk kedalam salah satunya.

Sebelumnya, apa pandangan pertama mu ketika mendengar kata mahasiswa? apakah kamu akan langsung tertuju pada sebuah organisasi atau sesuatu yang kamu rasa lebih baik dari sekolah? 

Pastinya setiap orang akan berbeda-beda dalam penangkapan nya. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak yang akan langsung tertuju pada sebuah organisasi dengan alasan demonstrasi.

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan sebutan "mahasiswa kura-kura", sebutan atau label tersebut sering diberikan pada mahasiswa yang kehidupannya hanya kuliah rapat-kuliah rapat. Maka dari itu disingkatlah menjadi kura-kura.

Padahal menjadi mahasiswa bukan melulu soal organisasi, akan tetapi bagaimana cara kita mengamalkan ilmu yang kita dapat di perkuliahan dan mengaplikasikan nya di masyarakat. 

Dan pernah kah kalian mendengar sebutan "mahasiswa kupu-kupu"? mahasiswa yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Sering kali orang-orang beranggap kalau mahasiswa kupu-kupu hidupnya terlalu monoton.

Padahal kita tidak tahu orang tersebut akan melakukan hal apa saja di waktu senggang nya, bisa saja dia memiliki kepentingan kerja atau mungkin dia si ambis yang ingin membaca kembali pembelajaran nya tadi di kelas.

Jangan hanya tertuju pada label mahasiswa kura-kura! tidak setiap mahasiswa harus atau di tuntut untuk menjadi mahasiswa kura-kura. 

Karena pada dasarnya manusia punya jalan pilihan sendiri, oleh karena itu mau kamu menjadi mahasiswa kura-kura, atau kupu-kupu tidak ada yang salah. Karena hakikat dari kita berkuliah adalah untuk mengabadikan diri di masyarakat. 

Mau jadi tipe apapun kamu di dunia perkuliahan itu adalah pilihan mu. 

so, apakah kamu mau menjadi mahasiswa kura-kura atau kupu-kupu?  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline