Lihat ke Halaman Asli

Kontroversi Ujian Nasional...Dan Ternyata Kunci Jawabanya Bisa Dibeli....

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ujian Nasional memang sudahmenjadi beban bagi para pelajar di indonesia khususnya para pelajar SMP dan SMA atau sederajat. Bahkan telah menjadi momok yang menakutkan, karena biasanya pelajar takut tidak lulus. Ujian Nasional memang mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk menentukan lulus dan tidaknya siswa.

Ujian Nasional sebenarnya juga memberikan suatu pengalaman bagi siswa. Ujian ini memberikan peningkatan kepada siswa yang cukup besar karena kualitas soal yang memang bervariasi. Ujian Nasional masih menjadi pilihan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Karena saat ini Ujian Nasional menjadi alternatif yang paling baik dan paling memungkinkan untuk kesuksesan pendidikan di Indonesia saat ini. Hal tersebut karena alternatif lain masih rawan akan penyimpangan dan manipulasi.

Ujian Nasional bukan tanpa celah, khususnya pada kerahasiaan dokumen dan jawaban dari soal-soal tersebut. Sekitar 2 tahun yang lalu saat saya masih duduk di kelas XII SMA tentu saja ujuian nasional adalah sebuah hal yang akan saya hadapi.Saya ditawari untuk membeli jawaban dari seorang teman dengan harga yang cukup mahal. Dulu ada 6 mata belajaran dan harga untuk jawaban tersebut seingat saya adalah delapan juta rupiah. Dijamin bahwa nilai ujian minimal 8. Dalam menjalankan pendistribusian jawaban yaitu dengan lewat sms dan jawaban dikirim saat ujian berlangsung dan minimal 30 menit sebelum ujian selesai. Hasil jawaban tersebut memang sudah dapat diprediksi yaitu nilai memeuaskan. Hal ini menjadi sebuah kekacauan besar dalam penyelenggaraan ujian nasional tetapi untuk mengunkap hal ini memang sangat sulit dan terselubung rapat. Kemungkinan oknum dalam yang bermain dalam hal ini. Hal yang saya utarakan ini memang sulit dipercaya dan memerlukan pembuktian untuk dipercaya. Tetapi hal ini lah yang saya alami dulu ketika di SMA.

Ujian Nasional mungkin alternatif terbaik saat ini dalam penentuan kelulusan. Tetapi sebaiknya harus ada perbaikan dalam penyelenggaranya karena memang saat ini sudah sangat buruk untuk kerahasiaan dokumen negara ini. Mencari alternatif lain juga sangat diperlukan untuk mengganti sistem saat ini. Ujian Nasional bukanlah suatu alternatif penentuan kelulusan siswa SMP dan SMA sederajat yang harus dipertahankan dari masa ke masa karena banyak juga dampak yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline