Lihat ke Halaman Asli

Kepribadian Ganda Bunga Pancawarna

Diperbarui: 11 April 2018   02:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : https://www.shutterstock.com

Bunga pancawarna atau nama latinnya Hydrangea macrophylla merupakan tanaman hias yang sangat direkomendasikan untuk menghias taman dipekarangan rumah. Ciri-ciri tanaman ini memiliki daun tebal dan lebar bergerigi, batangnya berwarna coklat tapi ketika masih muda berwarna hijau dan termasuk dalam golongan tanaman semak tegak.

Bunga pancawarna ini memiliki kelebihan yang luar biasa, karena dapat mengekspresikan kondisi tanah yang ditempatinya dengan warna bunga yang muncul dengan warna yang berbeda.

Apa penyebab dari perubahan warna tersebut?

Bunga pancawarna dapat mengekspresikan warna yang berbeda-beda dikarenakan pengaruh terhadap unsur hara yang ada didalam tanah dan didalam bunga pancawarna terdapat pigmen antosianin yang merespon unsur hara tanah tersebut. 

Unsur hara yang mempengaruhi pigmen antosianin dari bunga pancawarna ialah aluminum. Kadar alumunium dalam tanah dipengaruhi dari pH tanah, semakin rendah pH maka semakin tinggi kadar aluminium.

-Bunga pancawarna berwarna pink 

-Bunga pancawarna berwarna biru 

Sumber : http://bsnscb.com

-Bunga pancawarna berwarna pink dan biru 

Sumber: https://www.qt.com.au

Bunga pancawarna bisa menjadi pink dipengaruhi oleh pH 6,7, pada bunga pancawarna biru dipengaruhi oleh pH 4,7 dan pada ph 4,7-6,7 muncul warna yang beraneka ragam biru, pink dan ungu. Cara untuk mengeluarkan warna bunga ini hanya dengan cara menaikan pH dan menurunkan pH tanah.

Ketika saya melihat bunga ini saya langsung takjub karena keunikan bunga ini, karena melihat bunga ini seperti menunjukan dua sifat yang berbeda dalam satu tubuh. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline