Lihat ke Halaman Asli

FBHIS UMSIDA

Jurnalis

IVSC 2025: Ikom Umsida Perluas Kolaborasi Digital

Diperbarui: 16 Januari 2025   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Youtube Ikom Umsida

Fbhis.umsida.ac.id -- Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) kembali menghadirkan International Virtual Short Course (IVSC) 2025, sebuah program bertaraf internasional dengan tema "Digital Society Issue: Navigating Ethical Communication Skills in Digital Society". Program ini berlangsung selama enam hari, dimulai pada Selasa (7/1/2025) hingga Kamis mendatang.

Menggandeng 10 Universitas dari Dalam dan Luar Negeri

IVSC 2025 menjadi ajang kolaborasi global dengan menggandeng sepuluh universitas mitra dari dalam dan luar negeri. Di antara universitas dalam negeri yang terlibat adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UM Surakarta), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Sementara itu, universitas mitra luar negeri meliputi Burapha University (BUU) Thailand, Mariano Marcos State University (MMSU) Filipina, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia, Ajeenkya DY Patil University (ADYPU) India, Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), serta Akemi Business School (ABS) India.

Dalam program ini, setiap sesi menghadirkan tema yang berbeda dan membahas isu-isu terkini terkait perkembangan media dalam masyarakat digital. Beberapa tema yang diangkat meliputi public relations (PR), gender, media, dan jurnalistik, yang disampaikan oleh para ahli dari universitas mitra.

Kegiatan dan Kompetisi Kreatif pada IVSC 2025

Selain sesi materi, IVSC 2025 juga menyuguhkan berbagai kompetisi kreatif bagi mahasiswa dari sebelas universitas yang berpartisipasi.

Kompetisi yang diadakan meliputi opinion writing competition, poster competition, vertical movie competition, dan Insta Reels or TikTok Competition.

Peserta kompetisi mempresentasikan karya mereka setelah melalui proses seleksi oleh dewan juri.

Presentasi karya dimulai pada hari kedua setelah pemaparan materi dan berlangsung hingga sesi penganugerahan penghargaan (awarding) pada hari keenam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline