Lihat ke Halaman Asli

FBHIS UMSIDA

Jurnalis

Bangun Komunikasi Efektif dengan Wali Mahasiswa: Langkah Strategis Membangun Masa Depan Akademik Mahasiswa

Diperbarui: 14 Oktober 2024   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: FBHIS

Fbhis.umsida.ac.id -- Dengan bangga terselenggara Forum Ta'aruf Wali Mahasiswa (Fortawa) di Aula KH. Ahmad Dahlan. Pada Sabtu, (05/10/2024).

Acara ini merupakan langkah strategis untuk membangun sinergi antara pihak kampus sebagai "kampus pencerah" dengan orang tua mahasiswa baru, sehingga mereka lebih mengenal dunia akademik dan sistem perkuliahan di Umsida

Fortawa menjadi momen penting bagi orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang perjalanan akademik anak-anak mereka selama menempuh pendidikan di Umsida. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor 3 Umsida, Dr Nurdyansyah MPd, Dekan FBHIS, Poppy Febriana MMedKom, serta para kepala program studi (Kaprodi), sekretaris program studi (Sekprodi), dan laboran dari berbagai program studi di FBHIS.

Sosialisasi Layanan Akademik dan Keuangan

Salah satu rangkaian acara yang menarik perhatian dalam Fortawa adalah sesi sosialisasi layanan akademik dan keuangan yang disampaikan oleh Nur Maghfirah Aesthetika MMedKom, Dalam sesi ini, orang tua mahasiswa diberikan pemahaman mengenai berbagai layanan yang akan mendukung kelancaran perkuliahan anak-anak mereka, termasuk bagaimana sistem akademik dan keuangan dikelola di lingkungan kampus.

Sumber: FBHIS

Pada aspek layanan akademik, Nur Maghfirah menjelaskan berbagai kemudahan yang ditawarkan Umsida dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa. "Bapak ibu dikenalkan dapat memantau prosedur akademik seperti pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), jadwal perkuliahan, penilaian, serta pelayanan bimbingan akademik yang dapat diakses mahasiswa selama masa studi. Selain itu, layanan untuk pengajuan cuti kuliah, perpanjangan masa studi, hingga layanan konsultasi akademik ,"jelasnya.

Tidak hanya layanan akademik, sesi ini juga membahas detail tentang layanan keuangan, mulai dari pembayaran uang kuliah, informasi tentang beasiswa, hingga tata cara mengajukan keringanan biaya pendidikan. Nur Maghfirah menekankan bahwa sistem keuangan di Umsida telah terintegrasi dengan baik, memudahkan mahasiswa dan orang tua dalam mengakses berbagai informasi terkait pembayaran dan beasiswa.

Aplikasi MyUmsida: Kemudahan Akses Informasi Akademik dan Non-Akademik

Salah satu inovasi unggulan yang disampaikan dalam Fortawa adalah keberadaan aplikasi MyUmsida, sebuah aplikasi berbasis digital yang dirancang untuk memudahkan mahasiswa, orang tua, dan pihak kampus dalam mengakses segala informasi yang berkaitan dengan perkuliahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline