Fbhis.umsida.ac.id -- Siapa nih mahasiswa fbhis yang masih bingung dalam membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi? Atau Pernah merasa terombang-ambing antara tuntutan perkuliahan dan semangat berorganisasi?
Jangan khawatir, kamu tidak sendirian! Banyak mahasiswa yang juga menghadapi dilema serupa. Saat jadwal kuliah dan rapat organisasi berbenturan, rasanya ingin sekali bisa membelah diri menjadi dua, bukan?
Kunci untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan aktif adalah dengan menguasai seni membagi waktu. Dengan mengatur prioritas yang tepat, kamu bisa meraih prestasi akademis yang membanggakan sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi organisasi. Bayangkan, betapa menyenangkannya bisa menjalani keduanya tanpa merasa terbebani.
Lantas, bagaimana caranya? Berikut 7 tips jitu cara membagi waktu yang bisa kamu coba untuk menyeimbangkan kehidupan kuliah dan organisasi:
- Jadikan Jadwal Sahabatmu!
Bagi kamu yang punya segudang aktivitas, baik di kampus maupun organisasi, memiliki jadwal yang terstruktur adalah kunci utama.
Bayangkan jadwalmu seperti peta yang akan memandu langkahmu setiap hari. Dengan membuat jadwal, kamu bisa merencanakan setiap kegiatan secara detail, mulai dari jadwal kuliah, tugas, rapat organisasi, hingga waktu santai.
Gunakan alat bantu apa pun yang kamu suka! Entah itu buku agenda klasik, catatan tempel warna-warni, atau kalender digital, yang penting kamu merasa nyaman dan mudah mengaksesnya.
Dengan jadwal yang jelas, kamu akan lebih mudah mengelola waktu, menghindari bentrok jadwal, dan tentunya, mencapai semua tujuanmu.
- Membuat To-do-list
Pernah merasa kewalahan dengan banyaknya tugas? To-do list adalah penyelamatmu!
Dengan daftar tugas yang jelas, kamu bisa mengatur prioritas dan menyelesaikan semuanya secara sistematis.