Lihat ke Halaman Asli

Berita Radio

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

STAR BAKERY

Star Bakery didirikan pada tanggal 13 Januari 2015 dengan bermodalkan keahlian memasak oleh kedua pemilik (owner) Star Bakery itu sendiri, yaitu: Alifia Utami (20 tahun) dan Dwi Niken Pratiwi (20tahun). Kedua mahasiswi yang status nya masih aktif sebagai Universitas Muhammadiyah ini memulai usaha mereka dengan mengembangkan hobi masak mereka dengan menerima orderan secara kecil-kecilan dari teman-teman serta rekan mahasiswa.

Star Bakery memiliki 5 karyawan, karyawan perempuan berjumlah 2 orang, dan karyawan laki-laki berjumlah 3 orang. Star bakery memiliki karyawan yang mayoritas berasal dari SMK 6 Yogyakarta jurusan Patiseri, selain itu ada beberapa karyawan dari sekolah negeri lainnya. Karyawan yang memiliki basic memasak seperti dari lulusan SMK 6 jurusan Patiseri hanya mengikuti masa percobaan untuk dapat dipercaya sebagai karyawan di Star Bakery oleh kedua owner Alif dan Niken. Kemudian, karyawan yang berasal dari SMA negeri lainnya harus diberikan training selama 1 sampai 2 bulan untuk menjadi karyawan Star Bakery.

Alifia Utami yang biasa di panggil Alif melakukan kerja sama dengan rekan nya Dwi Niken Pratiwi yang biasa di panggil Niken, berawal dari saling sharing tentang bakat dari keduanya yaitu memasak dan bikin kue. Dengan berlatar belakang keluarga yang sering mengelola pembuatan kue, Alif merasa lebih mudah menjalankan usaha ini karena sebelumnya, Alif juga sering diberikan pelajaran dari neneknya yang juga mahir dalam bidang ini.

Bukan hanya Alif, Niken teman nya dan juga sebagai salah satu owner Star Bakery juga memiliki pengetahuan atau skill dalam keahlian memasak dari kecil. Niken diberikan banyak bekal dari ibunya dalam memasak dan membuat kue, sehingga mereka berdua memiliki basic/dasar memasak yang dapat dikatakan hampir sama.

Alif merasa skill yang dimilikinya dengan temannya Niken dapat di kembangkan menjadi sebuah usaha yang menguntungkan keduanya, sehingga Alif dan Niken melakukan kerja sama untuk melakukan usaha berawal dari orderan kecil-kecilan hingga usaha mereka dapat berkembang dan telah memiliki toko sendiri dengan nama Star Bakery yang berada di Jl. Pleret Banguntapan Bantul Yogyakarta No. 93.

Kini usaha mereka mengalami kemajuan, selain banyak nya orderan dari berbagai macam bentuk pesanan, seperti: cupcake, kue tart, blackforest, brownies, wedding cake, dll. Dengan harga yang terjangkau, mereka melakukan pemasaran dengan menggunakan media sosial (Instagram ID: Star Bakery) dan media cetak (berupa brosur). Dengan target pemasaran yaitu pelajar/mahasiswa.

Brosur yang mereka sebarkan ke seluruh lapisan masyarakat, terutama lebih banyak kepada mahasiswa karena berhubung keduanya masih berstatus mahasiswa mereka mendapat lebih banyak orderan dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Berkaitan dengan kemajuan Star Bakery, Alif selaku salah satu Owner berkata bahwa mereka akan melakukan rencana selanjutnya untuk membuka toko cabang Star Bakery di sekitar daerah Jawa Tengah. Demikian ujar Alif sebagai salah satu owner Star Bakery dengan temannya Niken.

https://soundcloud.com/stream




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline