Lihat ke Halaman Asli

Siti Fazriah

Mahasiswa

Sistem Informasi Manajemen di Perum Peruri

Diperbarui: 27 November 2021   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebelum membahas penerapan sistem manajemen di Perum Peruri kita harus mengetahui dulu apa itu Sistem Informasi Manajemen

1. Definisi Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan laporan yang diperlukan (Jogiyanto, 2001:11).

2. Definisi system informasi manajemen

Menurut Mcleod, (2001:327) system informasi manajemen adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan serupa.

Menurut McNurlin (2009:3) manajemen sistem informasi adalah proses pengelolaan teknologi informasi yang semakin kompleks dan penting mencakup beberapa dampak peran dari manajemen teknologi informasi yaitu tata kelola teknologi informasi (memutuskan siapa yang membuat keputusan TI), peran dari sistem informasi mengalihkan fokus dari aplikasi pengiriman menjadi integrasi sistem dan pengembangan infrastruktur), serta persaingan yang terus menerus antara outsourcing dan insourcing menjadi cara untuk organisasi bertahan hidup.

Sehingga dapat disimpulkan system informasi manajemen merupakan sebuah system  berbasis computer yang disediakan untuk memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Output informasi yang dihasilkan nantinya akan digunakan oleh para manajer dan nom manajer untuk membuat keputusan dan diharapkan dapat memecahkan masalah pada perusahaan.

3. Fungsi dan Manfaat SIM bagi Perusahaan

1. Untuk memudahkan manajemen dalam melaksanakan perencanaan, pengawasan, dan pengembilan keputusan masalah.

2. Mendapatkan informasi yang akurat dan lebih cepat

3. Dapat mengidentifikasi berbagai macam kebutuhan perusahaan yang mendukung system informasi.

4. Mendukung untuk pengambilan keputusan yang dilakukan manajemen

4. Sistem Informasi yang digunakan oleh Perum Peruri

              Peruri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1971. Produk yang dihasilkan salah satunya adalah uang kertas, uang logam, paspor, sertifikat, prangko dan karena era globalisasi semakin meningkatnya kebutuhan akan produk digital, peruri menyediakan platform Peruri Sign, yaitu tanda tangan elektronik (Digital Signature) yang digunakan untuk menjamin kerahasiaan data (confidentiality), melindungi integritas isi dokumen (data integrity), menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

Perum Peruri menggunakan berbagai macam system informasi untuk menunjang operasi bisnis. Salah satu system informasi yang digunakan adalah System Oracle yaitu sebagai pengelola data yang tersimpan dalam database, oracle dapat digunakan untuk merealisasikan anggaran barang dan jasa untuk tahun selanjutnya. Peruri juga menggunakan system SAP ERP yang berfungsi untuk mengelola transaksi penjualan, produksi, manajemen persediaan, hingga manajemen SDM.

5. Risiko Yang dihadapi Perum Peruri

Sebagai entitas bisnis, Peruri tidak terlepas dari factor risiko. Pada tingkat nasional, ada sejumlah faktor (eksternal) yang harus ditangani agar mampu bersaing dan mengikuti permintaan dan tuntutan pasar. Dalam cakupan yang lebih sempit (internal perusahaan) ada sejumlah tantangan dan risiko yang harus diatasi agar mampu bersaing di pasar lokal, regional, maupun dunia. Saat ini, sudah terjadi persaingan ketat harga dan pelayanan di pasar dokumen sekuriti. Hal ini membuat pasar semakin banyak mendapatkan alternatif untuk memilih percetakan dokumen sekuiriti dengan harga yang lebih rendah disertai dengan mutu yang relatif baik. Tantangan lain yang dihadapi Peruri adalah alat tukar yang bersifat cashless sebagai akibat dari semakin berkembangnya teknologi digital. Dan agar dapat bertahan Peruri terus mengembangkan berbagai macam produk digital yang dibutuhkan masyarakat salah satunya yaitu Materai Digital.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline