Lihat ke Halaman Asli

Fazil Abdullah

Menulis itu berat, Sayang. Kau harus sediakan waktu dan dunia, yang seringnya tidak bersahabat.

Langkah atau Jalan Agar Mudah Mendapat Pekerjaan

Diperbarui: 16 Maret 2024   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shutterstock 

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan diri bukanlah tugas yang mudah bagi kebanyakan orang. Kadang-kadang, membutuhkan waktu yang lama hingga membuat seseorang tertekan karena tidak mendapatkan pekerjaan. Tekanan bisa berupa tekanan ekonomi ataupun tekanan sosial.

Langkah-langkah atau jalan yang dipaparkan berikut,  dapat meringankan beban mental, meningkatkan peluang atau kemudahan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. 

1. Evaluasi dan Pahami Keinginanmu

Sebelum memulai pencarian pekerjaan, luangkan waktu untuk melakukan evaluasi diri dan memahami apa yang kamu inginkan dalam pekerjaan. Kamu bisa menyendiri sejenak baik di kamar atau tempat terbuka; taman, pantai, cafe tenang, atau tempat-tempat yang kamu sukai.

Lalu dalam kesendirian tersebut kenali mendalam minat kamu, keahlian yang dimiliki, nilai-nilai yang penting bagi kamu, dan tujuan jangka panjang yang ingin kamu capai. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang keinginan, kamu dapat fokus dan menetapkan langkah-langkah yang akan kamu ambil dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan profil kamu.

2. Riset dan Jaringan

Riset merupakan kunci untuk memahami industri, perusahaan, atau bidang pekerjaan yang kamu minati. Pelajari tren terbaru, lingkungan kerja, dan budaya perusahaan di bidang yang ingin kamu tuju.

Membangun jaringan (channel, link) sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan. Mulailah bangun hubungan dengan orang-orang yang kamu kenal, baik saudara, teman, atau orang-orang baru terkait pekerjaan yang ingin kamu masuki. Hadiri juga acara atau seminar yang relevan, ikuti grup industri, dan manfaatkan platform media sosial dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Hubungan atau jaringan yang kuat dapat membantu kamu mendapatkan informasi tentang peluang kerja yang tidak terpublikasikan secara luas bahkan banyak tidak dipublikasikan. Ada informasi pekerjaan hanya dibagikan bagi kenalan atau orang terdekat saja.

3. Tingkatkan Keterampilan Kamu

Beberapa pekerjaan mungkin memerlukan keterampilan khusus yang belum kamu miliki. Mengambil langkah untuk meningkatkan keterampilanmu melalui pelatihan, kursus, sertifikasi, atau pengalaman magang dapat meningkatkan daya saing kamu di pasar kerja. Tinjau keterampilan yang diinginkan oleh perusahaan yang kamu minati dan cari cara untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Ini dapat mencakup pengambilan kursus online, bergabung dengan program pengembangan profesional, atau memperoleh pengalaman kerja melalui relawan atau proyek sampingan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline