Lihat ke Halaman Asli

Program Kelompok Usaha Bersama di Ponorogo

Diperbarui: 10 Oktober 2022   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: gemasuryafm.com

Indonesia merupakan negara dengan angka kemiskinan yang tergolong cukup tingi. Masalah kemiskinan di Indonesia merupakan masalah yang erat kaitannya dengan berbagai aspek, antara lain aspek ekonomi, sosial, budaya dan lainnya. Masalah kemiskinan ini tidak hanya terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah, tetapi juga di banyak negara berkembang. 

Oleh karena itu, masalah kemiskinan perlu ditangani langsung oleh pemerintah dan masyarakat. Faktor utama tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Ponorogo adalah kurangnya lapangan pekerjaan dan banyak masyarakat yang tinggal di Kabupaten Ponorogo tidak ingin merubah nasibnya menjadi lebih baik atau banyak masyarakat di Kabupaten Ponorogo memilih untuk menjadi pengangguran. Hal ini juga berdampak pada negara Indonesia yaitu dapat menghambat pertumbuhan ekonomi negara.

Kemiskinan merupakan masalah yang ada di semua daerah. Namun, faktor penyebab masalah kemiskinan berbeda-beda. Misalnya di daerah atau kota kota yang maju, faktor kemiskinan di daerah yang maju adalah masyarakat setempat tidak mampu meningkatkan pendapatan ekonominya, masyarakat setempat terpengaruh oleh pola hidup yang buruk, misalnya banyak pecandu atau peminum alkohol atau sejenisnya. 

Ada juga faktor sosial dan juga faktor individu. Faktor individu dapat muncul ketika masyarakat Kabupaten Ponorogo memiliki keterbatasan dalam bekerja yaitu keterbatasan fisik. Faktor sosial, yaitu faktor yang mempengaruhi kemiskinan, yaitu keadaan atau kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Ponorogo merupakan cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Ponorogo, Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah melaksanakan beberapa program seperti program untuk desa tertinggal dan tabungan untuk keluarga harapan. 

Untuk mendorong program-program tersebut ke depannya, Pemerintah Kabupaten Ponorogo juga harus memperhatikan aspek kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. Upaya atau strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengembangkan daerah dan memperluas peluang usaha dan juga membuka lapangan pekerjaan.

Peran Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam pelaksanaan program pemberantasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Ponorogo, yaitu melalui Program Kelompok Usaha Bersama. Bentuk dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk melaksanakan program ini adalah dengan cara membentuk program kelompok usaha bersama ini, memantau kapan program dilaksanakan dan juga mengadakan acara untuk membahas apa yang perlu dilakukan dalam program kelompok usaha bersama ini.

Pelaksanaan program kelompok usaha bersama ini diawali dengan pengajuan proposal ke Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Setelah diterima dan disetujui oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, maka akan mendapatkan dana, dan dana tersebut akan digunakan untuk melaksanakan program kelompok usaha bersama yang akan di damping oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ponorogo. 

Pelaksanaan program kelompok usaha bersama biasanya dilakukan bersama-sama dengan UMKM Kabupaten Ponorogo. Perbedaan antara program kelompok usaha bersama adalah keuntungan yang dihasilkan oleh kelompok usaha bersama dibagi sesuai dengan kesepakatan kelompok sendiri.

Manfaat dari program kelompok usaha bersama ini adalah pemerintah Kabupaten Ponorogo mengharapkan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Ponorogo memiliki harapan untuk mencapai kemandirian ekonomi dan juga meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Ponorogo. 

Dengan meningkatnya pendapatan ekonomi masyarakat Kabupaten Ponorogo dapat memenuhi kebutuhannya dan membuat perekonomiannya lebih baik dari sebelumnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline