Lihat ke Halaman Asli

Faza Adiba Amajid

mahasiswa 23107030078 UIN Sunan Kalijaga

Rahasia Rambut Sehat: Stop Sampoan Setiap Hari!

Diperbarui: 2 Juni 2024   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

alodokter.com

Memiliki rambut yang sehat dan indah adalah impian banyak orang. Namun, perawatan rambut yang salah bisa menyebabkan berbagai masalah seperti rambut kering, rusak, dan rontok.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan tetapi ternyata kurang baik untuk kesehatan rambut adalah sampoan setiap hari. Banyak orang yang berpikir bahwa sering sampoan akan membuat rambut lebih bersih dan sehat. Namun, kenyataannya justru sebaliknya. Berikut adalah rahasia mengapa Anda sebaiknya berhenti sampoan setiap hari dan bagaimana cara merawat rambut dengan benar.

Mengapa Tidak Perlu Sampoan Setiap Hari?

Menghilangkan Minyak Alami Rambut  

Minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala, atau sebum, sangat penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut. Sampo yang digunakan setiap hari dapat menghilangkan sebum ini, membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

Ketika minyak alami dihilangkan terlalu sering, kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasi, yang bisa membuat rambut tampak lebih berminyak dan membutuhkan lebih banyak sampoan. Ini adalah siklus yang tidak sehat untuk rambut Anda.

Mengiritasi Kulit Kepala

Bahan kimia yang terdapat dalam banyak sampo dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala jika digunakan terlalu sering. Bahan-bahan seperti sulfat dan paraben bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering, gatal, dan berketombe. Dengan mengurangi frekuensi sampoan, Anda memberi waktu bagi kulit kepala untuk pulih dan memproduksi minyak alami yang melindungi rambut.

Menjaga Warna Rambut

Bagi mereka yang mewarnai rambut, sampoan setiap hari bisa mempercepat pudar warna rambut. Bahan kimia dalam sampo dapat menghilangkan warna dan membuatnya terlihat kusam lebih cepat. Dengan mengurangi frekuensi sampoan, Anda bisa memperpanjang keindahan warna rambut Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline