Lihat ke Halaman Asli

fayy

ordinary man.

Musik sebagai Jalan untuk Menyuarakan Sesuatu yang Penting

Diperbarui: 25 Oktober 2022   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto diambil oleh: Muhammad Dzaki (Jek). Monolodge, Sabtu Malam (22/10) Dokpri

Semangat membara yang tak mau kunjung padam bersumber dari gelora musik-musik melantang selama 2 (dua) jam dalam acara "The Beginning Of Harmonize" di Monolodge, Bandung, Sabtu Malam (22/10). SanSan dari band PLURUN merasa senang dan puas saat menikmati acara tersebut, setiap lagu yang terus dimainkan memantik adrenalinnya untuk ikut berseru. Ia bersama bandnya pun turut mengisi acara dengan hentakan musik-musik punk rock. Para pendatang berseru ria lalu berdansa hingga menggugah tuk sing along.

"Ketika saya resah terhadap realitas sosial-politik tertentu, apa yang saya lakukan yaitu segera menulis lirik-lirik lalu melakukan aransemen untuk dijadikan karya musik. Selain dapat didengarkan, musik pun bisa menjadi jalan untuk menyampaikan pesan yang penting dalam konteks apapun". Kata SanSan, Sabtu Malam (22/10)

Lagu-lagu yang diiringi oleh SanSan bersama teman musiknya merupakan formula instrumen punk rock yang masih murni, karena lirik-liriknya berisi syair yang agresif dan sentimental. Memang dari awal sampai akhir yang PLURUN bawakan tentu mengandung pesan-pesan bermakna dalam menyatakan suatu sikap atas dasar simbol tertentu. Sikap menentang, amarah, dan kritik yang diekspresikan tak hanya belaka omongan kosong, apa yang mereka ungkapkan berdasarkan pengalaman empirik yang berhubungan dengan realitas sosial-politik.

"Musik amat mempengaruhi kehidupan saya dalam segalanya. Pokoknya suarakan apapun yang menurutmu penting, itu harus dan mesti dilakukan. Sebenarnya banyak sarana yang bisa kamu gunakan selain melalui musik, tapi bagaimanapun juga hal itu patut dijadikan sebagai karya yang merepresentasikan apa yang mau kamu suarakan. Kiranya bagiku yang utama yaitu dengan musik". Tambah SanSan Berkata, Sabtu Malam (22/10)

Musik adalah seni yang harmonik, hal itu dimantapkan karena adanya rangkaian kata-kata yang dapat diekspresikan bersamaan dengan nada, melodi, dan irama. Ketika unsur-unsur tersebut dimainkan maka akan mengeluarkan bunyi, suara, dan pesan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku manusia untuk melakukan sesuatu. Maka dari itu, pengaruh yang dihasilkan dapat memberitahu, menyadarkan, dan memotivasi mereka khususnya dalam konteks ini yaitu peka terhadap kondisi sosial-politik. Musik menjadi pergerakan yang artistik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline