Lihat ke Halaman Asli

fayad setiawan

Universitas Pelita Bangsa

Mengapa Suatu Negara Perlu Berdagang ke Negara Lain? Simak Alasannya yuk !

Diperbarui: 29 April 2024   01:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Perlu gak si Indonesia berdagang ke negara lain..?? jawabannya perlu.

Mengapa..?

Berdagang dengan negara lain kemungkinan dapat memperoleh keuntungan yakni dapat membeli barang yang harganya lebih rendah dan mungkindapat menjual keluar negeri sering timbul karena adanya perbedaan harga barang di berbagai negara.  

Harga sangat ditentukan oleh biaya produksi, yang terdiri dari upah,biaya modal, sewa tanah,biaya bahan mentah serta efisiensi dalam proses produksi. Untuk menghasilkan sesuat jenis barang tertentu antara suatu negara dengan negara lain akan berbeda ongkos produksinya, dan dengan demikian harga hasil produksinya. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan dalam jumlah, jenis, kualitas serta cara-cara mengkombinasikan faktor-faktor produksi tersebut di dalam proses produksi. Perbedaan harga inilah yang menjadi pangkal timbulnya perdagangan antar negara atau perdagangan internasional.

Perbedaan harga bukanlah hanya ditimbulkan oleh karena adanya perbedaan ongkos produksi. Tetapi  juga karena perbedaan dalam pendapatan serta selera. Permintaan akan sesuatu barang sangat ditentukan oleh selera dan pendapatan. Selera dapat memanikan peranan penting dalam menentukan permintaaan akan sesuatu barang antara berbagai negara. Apabila persediaan suatu barang di satu negara tidak cukup untuk memenuhi permintaan tersebut dapat mengimpor dari negara lain. Untuk suatu barang tertentu faktor selera dapat memegang peranan penting. Misalnya pada mobil, pakaian,handphone meskipun satu negara tertentu telah dapat menghasilkan barang-barang tersebut, namun kemungkinan besar impor dari negara lain dapat terjadi.

Indonesia menjalin kerjasama perdagangan dengan beberapa di dunia, seperti Amerika Serikat, Australia, Rusia,Inggris,Jepang, Belanda, China dan masih banyak lagi. Hal ini juga dikarenakan faktor selera yang dimana penduduk indonesia menyukai barang-barang buatan negara lain.

Selain selera , permintaan akan sesuatu barang ditentukan oleh pendapatan. Kita dapat  menduga bahwa ada hubungan antara pendapatan satu negara dengan pembelian barang luar negeri (impor). Jika pendapatan naik , maka pembelian barang -- barang dan jasa (dari dalam negeri maupun impor) dapat mengalami kenaikan

Apakah ada manfaat dari indonesia berdagang ke negara lain ?

Selain itu ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh negara yang melakukan kerja sama dengan negara lain dalam perdagangan internasional, manfaat-manfaat tersebut dikemukakan oleh Nazarudin Malik. Berikut penjelasannya.

  • Membentuk hubungan persahabatan antar negara

Dengan menjalin kerja sama antar negara, maka negara tersebut dapat membentuk relasi persahabatan dengan negara lain. Terbentuknya persahabatan antar negara tersebut juga memungkinkan perluasan kerja sama di bidang atau sektor lain seperti bidang budaya, politik hingga militer.

  • Mentransfer ilmu pengetahuan serta teknologi

Perdagangan internasional dapat memungkinkan negara melakukan ekspor barang dengan basis teknologi canggih, seperti mesin maupun alat modern kepada negara yang lebih membutuhkan. Sehingga akan tercipta mobilisasi teknologi yang lebih cepat di negara pengimpor.

  • Dapat menstabilkan harga
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline